Self Talk Mengenai Pencapaian Kamu Di Tahun 2023

Self Talk Mengenai Pencapaian Kamu Di Tahun 2023
Self Talk Mengenai Pencapaian Kamu Di Tahun 2023

Self Talk Mengenai Pencapaian Kamu Di Tahun 2023 Dan Kemudian Rencanakan Goals Baru Kamu Di Tahun 2024 Mendatang. Di akhir penutupan tahun ini, ada kalanya kamu melakukan Self Talk atau berbicara dengan diri sendiri. Self-talk adalah cara berbicara kepada diri sendiri, atau suara hati kamu. Suara hati ini menggabungkan pikiran sadar dengan keyakinan dan bias yang tertanam untuk menciptakan monolog internal sepanjang hari. Kamu harus melihat kembali kebelakang tentang pencapaian apa yang sudah kamu dapatkan di tahun ini. Kemudian rencanakan kembali pencapaian baru kamu di tahun 2024 mendatang. Ada hari di mana kamu mungkin mengalami kejenuhan dan lelah secara mental.

Ini adalah waktu yang tepat untuk kamu Self Talk atau berbicara kepada dirimu sendiri sekedar untuk melepas penat dan kejenuhan setelah berhasil melewati setahun penuh pertempuran dengan apapun itu. Bahkan menangis dan juga sekedar mengeluh juga tak apa untuk di lakukan, karena kamu sudah cukup hebat bertahan sampai sejauh ini. Tujuan self talk sebenarnya untuk mengisi kembali energimu yang terkuras dan pikiranmu yang kacau karena telah berhasil melakukan perjalanan berat dan panjang menuju diri yang baru. Melakukan self talk bukan berarti kamu gila, itu adalah hal yang wajar di lakukan oleh banyak orang. Jika kamu menahan diri dan hanya pasrah dengan setiap kejadian yang kamu hadapai, itu mungkin akan membuatmu stress bahkan depresi jika regulasi emosi kita tertahan.

Berbicaralah dengan dirimu sendiri tentang apapun itu, tentang pencapaianmu, perubahanmu, prestasimu dan bahkan hal-hal kecil yang membuatmu bahagia. Kadang-kadang orang lupa bahwa dirinya juga butuh di beri apresiasi dan pujian ke diri sendiri. Apresiasikan dirimu yang sudah berani melangkah untuk berusaha berubah menjadi kamu yang lebih baik setiap harinya, di saat banyak orang yang membiarkan saja kebiasaan buruk itu tetap dalam dirinya dan tidak berniat melakukan perubahan.

Manfaat Dari Self Talk

Self talk akan berdampak positif ke diri kamu jika kamu berpikir positif tentang diri sendiri, kamu akan selalu merasa baik dan optimis. Berikut adalah Manfaat Dari Self Talk:

  • Self talk bisa meningkatkan harga diri kamu, memanajemenkan strees dan juga mensejahterakan pikiran kamu.
  • Mampu mengurangi gejala depresi, kecemasan dan gangguan kepribadian yang mengganggu kamu selama ini.
  • Dapat mengurangi resiko menyakiti diri sendiri dan mencegah percobaan bunuh diri.
  • Membuat kamu merasa lebih bisa mengendalikan hidup dan menerima semua kejadian yang terjadi.
  • Memotivasi diri kamu untuk mengatasi segala rintangan dan masalah, karena setiap masalah pasti ada solusinya.
  • Membuat tubuh kamu menjadi lebih relaks dan dapat mengatasi gangguan fisik baik di luar maupun dalam tubuh.
  • Self talk juga membuat kamu menjadi diri sendiri dan tidak mempedulikan pendapat orang lain mengenai diri kamu.
  • Membantu menenangkan segala isi kepalamu yang berantakan dan pikiran yang kacau karena banyak hal yang tidak sesuai dengan apa yang kamu impikan.

Pengaruh Terhadap Kesehatan Mental

Self talk memiliki Pengaruh Terhadap Kesehatan Mental dan hubungan kamu dengan orang lain. Jika kamu kebanyakan berpikir negatif tentang diri sendiri, kamu akan sering merasa menjadi pribadi yang buruk. Hal ini dapat menyeret kamu ke bawah atau jika kamu sedang terpuruk, akan sulit untuk bangkit kembali. Self-talk negatif sering kali di alami oleh orang yang mengalami depresi atau kecemasan. Obrolan negatif yang terus-menerus bisa sangat membebani dan sulit di hilangkan. Self talk yang negatif dapat menyebabkan stres dan kecenderungan perfeksionisme. Sadarilah apa yang kamu katakan pada diri sendiri. Tindakan menghentikan dan mengenali pikiran negatif apa adanya adalah langkah pertama untuk mengatasi masalah tersebut. Tanyakan pada diri kamu apakah ada penjelasan atau cara lain dalam memandang suatu situasi. Ingatlah bahwa banyak hal yang kamu khawatirkan tidak terjadi. Banyak pembicaraan negatif pada diri sendiri yang di lebih-lebihkan. Kemudian cobalah dan lihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. 

Gantilah pikiran tersebut dengan pikiran yang netral atau positif. Tanyakan pada diri kamu mengenai pemikiran apa yang lebih bermanfaat kedepannya. Cobalah berlatihlah memikirkan hal-hal baik tentang diri kamu. Sederhananya, berlatihlah melihat setengah gelas sebagai setengah penuh, bukan setengah kosong. Kemudian identifikasi kekuatan kamu sebagai bagian dari self-talk kamu, dan terimalah pujian atas pencapaian itu. Cara yang berguna untuk meningkatkan self-talk positif adalah dengan memandang, berpikir, dan bertindak dengan cara yang positif. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang positif dan optimis dan juga lingkungan yang mendukung. Jika kamu berada dalam lingkungan yang toxic dan tidak dapat beranjak dari sana, cobalah untuk tidak terjun ke dalam lingkungan itu. Ubahlah pembicaraan negatif menjadi pembicaraan diri sendiri yang netral atau positif yang dapat membuat mental kamu menjadi lebih baik

Bagaimana Memulai Berbicara Dengan Diri Sendiri

Bagaimana Memulai Berbicara Dengan Diri Sendiri atas semua pencapaian dan kejadian yang sudah terjadi di tahun ini. Coba dengarkan dan pelajari kemudian luangkan beberapa hari untuk mendengarkan dengan cermat dialog batin kamu. Apakah kamu mendukung diri sendiri? Apa kamu kritis atau negatif? Apakah kamu merasa nyaman mengucapkan pikiran dan kata-kata itu kepada orang yang kamu sayangi? Tuliskan pikiran negatif yang penting atau sering terjadi. Pikirkan baik-baik Tanyakan pada diri kamu pertanyaan-pertanyaan berikut tentang setiap pemikiran yang kamu cantumkan:

  • Apakah aku bereaksi berlebihan terhadap segala sesuatu yang terjadi?
  • Apa ini benar-benar masalah besar dan tidak dapat di atasi?
  • Apakah ini penting dalam jangka panjang dan memiliki manfaat untuk kedepannya?
  • Apakah aku mengambil kesimpulan lebih berdasarkan opini atau pengalaman di bandingkan fakta?
  • Apa aku keberatan membaca sesuatu fakta yang menyakitkan?
  • Apakah aku berasumsi orang lain mempunyai keyakinan atau perasaan tertentu terhadap diriku?
  • Apa aku harus selalu menebak bagaimana reaksi dan respon orang-orang?
  • Apakah aku memberi label yang kasar kepadaku dan tidak menghargai diriku sendiri?
  • Apa aku menyebut diriku menggunakan kata-kata seperti “bodoh”, “putus asa”, atau “jelek?”
  • Apakah aku harus selalu membandingkan apa yang ku capai dengan orang lain? 
  • Apa aku memandang suatu kejadian sebagai sesuatu yang baik atau buruk tanpa mempertimbangkan bahwa kenyataannya jarang sekali hitam atau putih?

Jawabannya biasanya terletak pada area abu-abu di antara keduanya. Seberapa benar dan akurat pemikiran ini? Mundurlah dan pertimbangkan keakuratan pemikiran itu sebagai seorang teman. Tak perlu untuk membandingkan segala pencapaianmu tahun ini dengan pencapaian orang lain, karena semua sudah dalam porsinya masing-masing. Yang perlu kamu lakukan adalah bandingkan pencapaian kamu tahun ini dengan pencapaian kamu di tahun sebelumnya. Jika di tahun ini kamu sudah menjadi lebih baik daripada di tahun sebelumnya, itu berarti pencapaian kamu meningkat dan sudah berhasil. Maka dari itu cintailah takdir kita sendiri dan cobalah untuk Self Talk.

Back To Top
Exit mobile version