PT Aqua Golden Mississippi Perusahaan Air Mineral Terkemuka

PT Aqua Golden Mississippi Perusahaan Air Mineral Terkemuka
PT Aqua Golden Mississipi Perusahaan Air Mineral

PT Aqua Golden Mississippi Adalah Perusahaan Yang Menyediakan 100% Murni Air Mineral Dari Sumber Air Terlindungi. Saat ini PT Aqua Golden Mississippi menawarkan berbagai produk air minum, mulai dari air minum kemasan dalam botol hingga galon-galon untuk kebutuhan keluarga. Selain berperan sebagai penyedia air minum, PT Aqua Golden Mississippi juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan program kesehatan masyarakat. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang sejarah, produk, dan dampak perusahaan tersebut dalam memberikan layanan air minum terbaik di Indonesia.

Perjalanan PT Aqua Golden Mississippi

Pada tahun 1973, Perjalanan PT Aqua Golden Mississippi ketika Tirto Utomo mendirikan PT Golden Mississippi. Perusahaan ini menjadi pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) pertama di Indonesia. Pabrik pertama Aqua berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, dan menjadi tonggak awal bagi transformasi industri air minum di tanah air. Tahun berikutnya, pada 1974, Aqua mengukir sejarah dengan meluncurkan produksi pertamanya dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi, memberikan alternatif praktis bagi masyarakat dengan harga per botol Rp.75,-.

Pada tahun 1975, Aqua kembali menciptakan gebrakan dengan memperkenalkan produk kemasan galon 19 liter, sebuah inovasi pertama di Indonesia, memberikan solusi praktis untuk kebutuhan rumah tangga. Perjalanan terus berlanjut, dan pada tahun 1983, Aqua mengambil langkah revolusioner dengan mengganti kemasan galon dari kaca menjadi plastik, menciptakan kemasan yang lebih praktis, ringan, hemat, dan kuat. Pada tahun 1984, pabrik kedua Aqua di dirikan di Pandaan, Jawa Timur, sebagai bukti komitmen untuk mendekatkan diri pada konsumen di wilayah tersebut.

Eksplorasi terhadap berbagai jenis kemasan terus di lakukan, dan pada 1985, Aqua memperkenalkan kemasan PET 220 ml sebagai bentuk komitmen terhadap inovasi. Pada tahun 1988, Aqua beralih sepenuhnya menggunakan kemasan plastik PET. Hal ini menegaskan posisinya sebagai pelopor perubahan dalam industri AMDK. Perjalanan Aqua tak hanya sebatas inovasi produk. Pada tahun 1993, Aqua Grup meluncurkan program Aqua Peduli, mengawali upaya daur ulang botol plastik kemasan Aqua untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Tahun 2000-an

Dalam beberapa dekade berikutnya yaitu Tahun 2000-an, Aqua terus berkembang dan meraih pencapaian signifikan. Pada tahun 2001, Danone mengambil peran mayoritas dalam kepemilikan saham Grup Aqua, membuka pintu untuk kemajuan lebih lanjut. Pabrik baru di Klaten pada 2003 dan peran aktif dalam bantuan kemanusiaan pada 2005 saat bencana tsunami di Aceh menandai komitmen Aqua terhadap tanggung jawab sosial dan kemanusiaan.

Pada 2015, Aqua meluncurkan kampanye “Bagaikan Air” yang menyoroti peran air dalam kehidupan sehari-hari. Pabrik Aqua Tanggamus yang resmi beroperasi pada 2016. Dan program “1 untuk 10” kembali dil uncurkan sebagai dedikasi Aqua terhadap inovasi dan keberlanjutan. Pada 2018, Aqua Grup meluncurkan gerakan #BijakBerplastik, memperkenalkan produk Aqua Life dari bahan daur ulang. Dan meraih sertifikasi B-Corp, mencatatkan prestasi sebagai perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang mendapatkan pengakuan tersebut.

Tidak hanya sebagai produsen air minum, Aqua juga memainkan peran dalam memberikan bantuan dalam menghadapi pandemi Covid-19 pada tahun 2020, menyediakan lebih dari 152 sentra vaksinasi di 28 kota di Indonesia. Pada tahun 2021, Aqua terus berinovasi dengan mendirikan pabrik ke-22 di Banyuwangi, meluncurkan Returnable Glass Bottle (RGB) yang menerapkan konsep reusable, dan memperkenalkan Aqua 600ml dari bahan 100% daur ulang.

Sebagai perusahaan AMDK yang telah berusia 50 tahun pada 2023, Aqua tidak hanya meneruskan kampanye #AquaDulu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi air yang cukup, tetapi juga merayakan setengah abad dedikasi dalam menyediakan air minum berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Perjalanan Aqua adalah kisah sukses perusahaan yang tidak hanya berinovasi dalam produk dan bisnis, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

Penghargaan PT Aqua Golden Mississippi

Sejak awal abad ke-21, Penghargaan PT Aqua Golden Mississippi telah membuktikan diri sebagai pemimpin dalam industri air mineral di Indonesia. PT Aqua Golden Mississippi mendapatkan berbagai penghargaan. Pada tahun 2004, AQUA Grup memenangkan penghargaan Superbrands dan Indonesia Best Brand Award. Penghargaan ini mengukuhkan posisinya sebagai merek terkemuka di pasar air minum dalam kemasan. Tahun ini juga menyaksikan peluncuran logo AQUA yang baru, menandai komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan berkembang.

Tidak hanya berhenti di situ, AQUA Grup terus menorehkan prestasi pada tahun-tahun berikutnya. Pada 2005, mereka meraih penghargaan bergengsi yaitu The Consumer Packaging Branding. Selain itu, PT Aqua Golden Mississippi juga meraih penghargaan Indonesia Best Brand, dan Indonesia Golden Award. Pada tahun berikutnya, yaitu 2006, AQUA Grup kembali memenangkan Best Brand dan Indonesia Golden Brand. Penghargaan ini menegaskan dominasinya di industri tersebut.

Prestasi keberlanjutan AQUA Grup juga tercermin pada tahun 2009. Pada tahun ini aqua menerima penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) untuk kategori WASH. Selain itu, Grup AQUA mendapat penghargaan Wana Lestari dari Menteri Kehutanan. Penghargaan ini merupakan sebuah pengakuan atas upaya konservasi yang dilakukan oleh pabrik Airmadidi di Sulawesi Utara. Inisiatif ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Pada tahun 2010, AQUA Grup kembali meraih berbagai penghargaan inovasi dan kepedulian terhadap lingkungan. Desain tutup galon inovatif mereka mendapatkan penghargaan seperti Packindo Star Award 2010. Serta Asia Star Award, dan Indonesia Good Design. Tidak hanya itu saja, Majalah Business & CSR juga memberikan pengakuan melalui Indonesian Green Awards 2010.

Pada 2014, AQUA Grup menerima penghargaan PROPER Hijau. Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang ramah lingkungan. Kemudian, pada tahun 2022, AQUA di nobatkan sebagai penerima PROPER Emas untuk kelima kalinya. Penghargaan ini menegaskan reputasinya sebagai perusahaan yang memprioritaskan keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan dalam setiap aspek operasionalnya.

Produk Yang Ada Di Pasaran

Aqua, sebagai penyedia air minum terkemuka, menawarkan ragam produk berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Mulai dari air minum kemasan praktis dalam botol yang mudah di bawa ke mana-mana. Hingga galon-galon besar yang ideal untuk memenuhi kebutuhan hidrasi keluarga sehari-hari. Berikut Produk Yang Ada Di Pasaran.

Aqua Botol

Aqua ini merupakan air minum dalam kemasan botol plastik yang praktis. Produk ini di rancang untuk kemudahan konsumsi di berbagai tempat dan situasi. Aqua Botol umumnya tersedia dalam berbagai ukuran.Ada yang berukuran 330 ml, 600 ml, 750 ml, dan 1,5 liter, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen.

Galon

adalah air minum dalam kemasan galon besar. Produk ini cocok untuk kebutuhan konsumsi keluarga atau perkantoran. Galon ini biasanya di jadikan pilihan ekonomis dan ramah lingkungan. Aqua menyediakan Galon dalam berbagai ukuran, seperti 5 liter, 6 liter, dan 19 liter. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan berbagai kelompok konsumen.

Aqua Reflection

adalah varian air minum yang di klaim memiliki tingkat mineral alami yang seimbang. Produk ini di rancang untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sehari-hari dengan penekanan pada kualitas optimal. Dengan tingkat mineral yang seimbang, Reflection mungkin di tujukan untuk mereka yang mengutamakan aspek kesehatan dan kualitas air minum.

Inovasi PT Aqua Golden Mississippi

AQUA, dengan tekad kuat untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang begitu kompleks. Aqua mewujudkan komitmennya melalui peluncuran Aqua Life. Sebuah inovasi kemasan botol yang terbuat dari 100% bahan daur ulang dan dapat didaur ulang. Bukti nyata dari tekad ini terlihat dari ekspansi penyebarannya, yang berhasil diluncurkan di Jakarta pada pertengahan tahun 2019.

Sejalan dengan visinya, AQUA telah menetapkan komitmen untuk menggunakan 100% bahan daur ulang, bahan yang dapat dipakai ulang, dan bahan kemasan yang dapat terurai dalam tanah pada tahun 2025. Saat ini, kemasan botol AQUA sudah mengandung bahan daur ulang hingga 25%, sebuah angka yang diharapkan meningkat menjadi rata-rata 50% pada tahun 2025.

Meskipun AQUA LIFE merupakan sebuah innovation dari kemasan botol recycled, prioritas utama tetap diberikan pada keamanan konsumen. Proses pembuatannya, yang menggabungkan teknologi dan standar tinggi oleh AQUA, memungkinkan penciptaan kemasan botol yang ramah lingkungan dan aman. Serta Kualitasnya setara dengan botol yang menggunakan bahan Polyethylene Terephthalate terbaru.

Dengan demikian, AQUA LIFE bukan hanya menjadi solusi terhadap masalah lingkungan, tetapi juga menegaskan kualitas dan keamanan produknya sebagai pilihan yang setara dengan produk menggunakan bahan baru. AQUA menghadirkan standar baru dalam upaya mendukung keberlanjutan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Sebagai perusahaan yang telah memainkan peran penting dalam menyediakan air minum berkualitas di Indonesia, PT Aqua Golden Mississippi tidak hanya menjadi merek yang dikenal, tetapi juga sebuah entitas yang terus berkomitmen pada nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Dengan perjalan panjangnya hingga sekarang, inovasi – inovasi baru akan di lakukan oleh PT Aqua Golden Mississippi Aqua.

Sebagai perusahaan yang telah memainkan peran penting dalam menyediakan air minum berkualitas di Indonesia. PT Aqua Golden Mississippi tidak hanya menjadi merek yang di kenal. Tetapi juga sebuah entitas yang terus berkomitmen pada nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Dengan perjalan panjangnya banyak konsumen yang mengutamakan kesehatan dan keberlanjutan memilih PT Aqua Golden Mississippi.

Back To Top
Exit mobile version