Pesona Keindahan Danau Segara Anak Gunung Rinjani

pesona danau
Pesona Keindahan Danau Segara Anak Gunung Rinjani

Pesona Keindahan Danau Segara Anak Gunung Rinjani Yang Sangat Memikat Hati Para Pendaki Untuk Mengunjunginya. Danau Segara Anak memiliki keindahan alam yang sangat memikat. Keindahan danau ini dapat memikat hati siapapun dan pasti ingin mengunjunginya. 

Danau Segara Anak terletak di bagian barat kawah Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Nama dari danau di ambil dari bahasa Sasak yang berarti anak laut lantaran memiliki warna air yang menyerupai lautan. Memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, danau ini berada di ketinggian 2.008 mdpl. 

Pendakian gunung rinjani tentunya menyuguhkan berbagai keindahan alam yang pastinya membuat setiap mata terpana, salah satunya adalah keindahan danau segara anak. Pendaki gunung rinjani akan menemukan danau ini di jalur pendakian gunung. 

Mempunyai luas 1.100 ha dengan warna air yang jernih kebiruan tentunya dapat menghilangkan penat selama melakukan pendakian. Di tambah dengan pemandangan di sekitar danau serta udara yang sejuk membuat suasana semakin syahdu untuk menikmati pesona keindahan alam ini. 

Danau segara anak merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari hasil letusan gunung rinjani. Letusan gunung rinjani yang sangat dahsyat menyebabkan munculnya kawah yang kemudian terisi air sehingga terbentuklah danau segara anak. 

Cantiknya danau segara anak dapat kamu lihat dari sisi Plawangan Sembalun. Dengan rute ini, kamu dapat menikmati keindahan matahari terbit maupun tenggelam dengan latar belakang danau segara anak ini. Pastinya momen ini menjadi incaran para pendaki gunung rinjani. 

Tak hanya menyajikan keindahan matahari terbit dan tenggelam saja, dari danau segara anak akan terlihat gunung baru jari atau yang berarti gunung baru jadi. Gunung ini merupakan hasil letusan gunung rinjani atau biasa di sebut dengan anak gunung rinjani. 

Danau ini memiliki sumber air panas yang di percaya dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. Tak jarang, danau ini di terkenal dengan berbagai mitosnya selain terkenal dengan pesona keindahan.

Pesona Danau Segara Anak Dan Segala Mitos Masyarakat Sekitar

Pesona danau segara anak dan segala mitos masyarakat sekitar sudah tidak menjadi hal yang tabu lagi bagi para warga sekitar gunung rinjani. Tak hanya menyediakan pesona keindahan alam yang memikat hati, faktanya danau ini memiliki mitos yang di percaya oleh masyarakat sekitar. 

Danau ini memiliki 2 sumber air panas yang berada di Aik Kalak dan Goa Susu. Yang mana banyak sesajen di letakkan di sekitaran Goa Susu oleh umat hindu. 

Di kawasan camping ground danau segara anak juga terdapat pohon tua. Pohon ini di keramatkan oleh penduduk setempat lantaran pohon ini dapat mengabulkan keinginan atau permintaan kita. Selain itu, di percaya bahwa di tengah danau segara anak ini terdapat istana kerajaan Dewi Anjani yang merupakan penguasa Gunung Rinjani.

Layaknya tempat sakral pada umumnya, Gunung Rinjani di sucikan oleh penduduk sekitar terutama oleh pemeluk agama hindu. Danau segara anak menjadi salah satu tempat yang di sucikan lantaran para dewa bersemayam di danau ini.

Danau ini menjadi tempat yang sakral yang mana di gunakan untuk menggelar upacara Mulang Pekelem. Upacara Mulang Pekelem merupakan upacara umat hindu yang bertujuan untuk menjaga dan memohon keharmonisan dari alam semesta ini. Upacara adat ini di lakukan pada saat bulan purnama ke lima di. 

Tak hanya umat hindu dari masyarakat Lombok saja, upacara ini juga di hadiri oleh umat hindu dari berbagai daerah seperti Jawa, Bali dan Kalimantan. 

Dalam upacara mulang pekelem, umat hindu akan menyembelih hewan, melepaskan hewan ke alam, serta menenggelamkan barang berharga seperti emas dan uang logam. 

Upacara ini merupakan simbol dari konsep Tri Hita Karana. Umat hindu mempercayai bahwa dengan memberi pengorbanan untuk alam agar alam bersih dari kutukan jahat. Tak hanya itu, makna dari upacara ini juga agar manusia dapat hidup harmonis berdampingan dengan alam sekitar. 

Danau Segara Anak Dengan Segala Pesonanya

Danau segara anak menjadi salah satu spot favorite bagi para pendaki. Tak sedikit pendaki yang bermalam menghabiskan waktu di danau ini. Selain menyuguhkan keindahan alam yang sangat membuat takjub, danau ini juga menyuguhkan air panas yang dapat di gunakan untuk berendam. 

Yang mana para pendaki dapat memanjakan tubuhnya dengan berendam air panas setelah lelahnya mendaki gunung ini. Tempat untuk berendam air panas ini tak jauh dari lokasi danau. Untuk berendam, para pendaki dapat ke sumber air Aik Kalak.

Selain itu, danau segara anak menyuguhkan pemandangan danau dan bukit yang dapat di nikmati baik pagi maupun sore hari. Sembari menikmati keindahan alam danau, para pendaki dapat memancing ikan di danau ini. Tentu kegiatan yang sangat mengasyikan. 

Semua lelah dapat terbayarkan dengan semua suguhan yang di berikan oleh danau ini. Ini dia yang membuat danau ini menjadi spot favorite para pendaki. Tentunya sangat menakjubkan danau segara anak dengan segala pesonanya.

Keindahan Alam Gunung Rinjani Dari Jalur Torean

Terdapat beberapa jalur untuk mendaki gunung rinjani yang mana pastinya semua jalur pendakian ini mempunyai pesona keindahan alam yang sama bagusnya. Salah satu jalur pendakian yang populer untuk mendaki gunung rinjani adalah jalur torean.

Nama Torean di ambil dari salah satu nama dusun di Desa Loloan, Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jalur ini memiliki pesona keindahan alam yang masih asri dan tentunya eksotis. 

Danau segara anak menjadi ujung dari jalur pendakian ini. Danau ini merupakan pertemuan antara 2 jalur pendakian lain, yaitu jalur pendakian sembalun dan senaru. Pemandangan danau segara anak sangat indah terlebih di tambah dengan pancaran sinar matahari yang memantul dari dasar danau. 

Jalur torean memiliki bentang alam yang beragam sehingga membuat jalur ini menjadi salah satu jalur yang menantang bagi para pendaki. Namun, pastinya pemandangan di jalur pendakian ini tidak mengecewakan. Bak seperti di dunia lain, pastinya semua mata akan terpikat dengan keindahan jalur ini. Jalur ini menyuguhkan hamparan sabana luas, danau yang cantik, air terjun yang menarik, hutan tropis yang rimbun, serta aliran sungai yang menambah suasana syahdu. 

Tak hanya itu, jalur ini juga menyajikan hamparan pasir, tebing, serta keindahan pemandangan gunung baru jari. Saat melewati jalur pendakian ini, mata akan di buat takjub oleh setiap sudutnya. Lekukan punggung yang membentang menjadi sabana hijau yang luas, rumput yang bergoyang serta ilalang yang melengkapi keindahan panorama gunung rinjani. Pastinya kamu nggak akan kecewa dengan keindahan alam gunung rinjani dari jalur torean.

Namun jalur torean memiliki jalur pendakian dan kontur yang cukup ekstrim. Karena masih baru, jalur pendakian ini sedikit berbahaya untuk pendaki pemula. Oleh karena itu, untuk melewati jalur ini kamu harus bersama dengan rekan yang sudah pernah mendaki melalui jalur ini. Pendakian gunung rinjani sendiri menyediakan porter atau guide.

Back To Top
Exit mobile version