Penderita Asam Lambung Wajib Makan Ini Saat Diet

Penderita Asam Lambung Wajib Makan Ini Saat Diet
Penderita Asam Lambung Wajib Makan Ini Saat Diet

Penderita Asam Lambung Sangat Di Anjurkan Untuk Mengkonsumsi Jenis Makanan Berikut Ini Agar Tetap Sehat Saat Diet. Diet merupakan pola makan yang di jaga dengan di aturnya cara dan jenis makanan tersebut. Pada umumnya diet bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga berat badan agar lebih terkontrol. Orang yang ingin menurunkan berat badan cenderung melakukan diet dengan menjaga pola makannya dan berolahraga. Terdapat berbagai jenis diet seperti diet vegan, diet rendah lemak, diet keto dan masih banyak lagi jenis diet lainnya yang sangat populer. Namun, bagi orang yang menderita asam lambung harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ketika ingin memulai diet. Pasalnya pengidap asam lambung memiliki pantangan pada beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, buah yang asam serta makanan berlemak. Pola makan yang baik sangat berpengaruh bagi orang yang menderita asam lambung.

Penyakit asam lambung pada umumnya di tandai dengan rasa terbakar di dada akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Asam lambung yang juga di sebut dengan GERD (Gastroesophageal reflux disease) ini juga dapat di sebabkan oleh berbagai macam kondisi. Faktor penyebab asam lambung yang sangat umum seperti menjalani gaya hidup yang tidak sehat, sering konsumsi makanan pedas dan berminyak, obesitas, serta jadwal makan yang tidak teratur. Gangguan pada lambung ini di tandai dengan gejala seperti mual, muntah, mulut terasa bau, sering bersendawa, kesulitan dalam bernafas dan lain-lain.

Pengobatan asam lambung ini juga beragam. Namun yang paling utama tetap menjaga pola makan dan menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bagi pengidap penyakit asam lambung.

Di dalam artikel ini telah di rangkum beberapa jenis makanan yang di anjurkan bagi pengidap asam lambung yang ingin melakukan diet. Berikut merupakan jenis makanan diet bagi Penderita Asam Lambung.

1. Sayur Dan Buah Wajib Di Konsumsi Penderita Asam Lambung

Jenis makanan pertama yang sangat di anjurkan bagi penderita asam lambung yaitu sayur dan buah. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu gejala GERD yaitu naiknya naiknya asam lambung sampai menyentuh kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi serta perih. Maka dari itu, pengidap asam lambung di anjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu asam agar menghindari naiknya asam lambung. Hal ini di karenakan buah yang mengandung asam atau citrus akan memicu produksi asam lambung yang semakin banyak. Buah-buahan seperti melon, pisang, apel serta pir sangat di sarankan dan cocok untuk pengidap GERD yang ingin memulai diet. Oleh karena itu Sayur Dan Buah Wajib Di Konsumsi Penderita Asam Lambung.

Selain buah dengan kandungan asam yang tinggi, pengidap GERD juga di anjurkan menghindari buah-buahan dengan kandungan gas yang tinggi. Buah-buahan dengan kandungan gas tinggi yaitu kedondong, pisang ambon dan juga nangka. Mengonsumsi makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi akan menyebabkan naiknya asam lambung sewaktu-waktu.

Kemudian, sayiur-sayuran yang rendah gula dan lemak juga sangat bagus untuk di konsumsi penderita GERD. Jenis sayuran yang di kenal sangat bagus untuk pengidap GERD adalah brokoli, asparagus, kacang hijau, kembang kol, kentang, mentimun serta sayuran hijau lainnya. Di sarankan juga untuk menghindari saus atau dressing yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti mayonaise saat mengonsumsi sayur seperti salad.

2. Protein Rendah Lemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi dan gorengan mendorong lambung memproduksi asam lambung berlebih serta memperlambat pengosongan lambung. Oleh karena itu mengonsumsi protein dengan kandungan lemak yang tinggi akan memicu asam lambung naik. Di anjurkan untuk mengonsumsi daging rendah lemak seperti kalkun, ikan, ayam, dan makanan laut. Selain itu di sarankan juga untuk merebus atau memanggang daging daripada menggorengnya agar semakin mengurangi asupan lemak pada makanan tersebut.

Jenis makanan rendah lemak selanjutnya yang sangat di anjurkan adalah daging ikan tanpa lemak. Ikan tanpa lemak memiliki nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh ketika sedang diet dan aman di lambung. Contoh ikan rendah lemak yang sangat di sarankan bagi pengidap asam lambung yaitu tuna, sarden, salmon, dan juga ikan kod. Kandungan rendah lemak dan tinggi protein di dalam daging ikan tersebut dapat membantu pembentukan sel pada tubuh. Kemudian ikan-ikanan tanpa lemak tersebut sangat aman di konsumsi pada perut yang sensitif seperti penderita GERD. Oleh karena itu mengonsumsi Protein Rendah Lemak sangat di anjurkan bagi penderita GERD.

Kemudian mengonsumsi telur juga dapat menjadi alternatif makanan dengan protein tinggi. Namun, hindari mengonsumsi kuning telur karena kuning telur memiliki kandungan lemak tinggi.

3. Makanan Berkarbohidrat Dengan Kandungan Yang Pas

Makanan Berkarbohidrat Dengan Kandungan Yang Pas berarti kita harus mencukupi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini di karenakan tubuh kita akan menjadi lemas jika asupan karbohidrat tidak tercukupi. Maka dari itu, walaupun sedang melakukan diet, kita harus tetap mengonsumsi karbohidrat. Lakukanlah diet dengan memadukan asupan protein, karbohidrat dan juga lemak sebagai sumber utama energi. Selain nasi, kita juga dapat mengonsumsi karbohidrat lain seperti roti gandum, nasi merah ataupun oatmeal.

Oatmeal di kenal sebagai makanan yang tinggi serat dan sebagai karbohidrat yang kompleks. Pada pengidap penyakit asam lambung, makanan yang tinggi serat mampu meningkatkan kerja esofagus atau pergerakan kerongkongan ketika membawa makanan dari mulut ke lambung.

4. Tanaman Herbal

Tanaman herbal memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Tak heran jika tanaman herbal sering di konsumsi untuk menyembuhkan maupun mencegah penyakit. Jenis tanaman ini ternyata juga sangat aman di konsumsi oleh pengidap penyakit asam lambung atau GERD. Salah satu contoh jenis tanaman herbal tersebut adalah jahe. Jahe ternyata dapat mengendalikan rasa lapar dan juga mempercepat mekanisme pembakaran lemak tubuh.

Di ketahui juga bahwa senyawa fenolik pada jahe bisa mengurangi kontraksi lambung serta meredakan iritasi sistem pencernaan. Hal ini berarti jahe bisa meredakan peradangan pada lambung dan kemungkinan asam yang berada di perut kembali ke kerongkongan. Kemudian jahe juga kaya akan antioksidan yaitu pencegah kerusakan sel dan bahan kimia yang sangat bermanfaat bagi pengidap asam lambung terutama saat diet.

Selain jahe, pengidap GERD juga dapat `mengonsumsi lidah buaya yang mentah maupun yang sudah di olah menjadi jus. Di sarankan untuk merendam lidah buaya semalaman sebelum di konsumsi agar rasanya tidak terlalu pahit dan lendirnya menghilang.

Beberapa jenis makanan di atas sangat di sarankan untuk di konsumsi para pengidap penyakit asam lambung saat melakukan diet. Oleh karena itu para pengidap GERD harus mengkombinasi jenis makanan di atas saat melakukan diet agar mendapatkan manfaat serta hasil yang lebih maksimal. Selain itu jenis makanan di atas sudah terbukti sangat aman di konsumsi bagi Penderita Asam Lambung.

Back To Top
Exit mobile version