Olahraga Dapat Meredakan Stres

Olahraga Dapat Meredakan Stres
Olahraga Dapat Meredakan Stres

Olahraga Dapat Meredakan Stres Dan Menstabilkan Kesehatan Mental. Aktivitas merupakan bagian dari pola hidup sehat. Rutin berolahraga akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Aktivitas ini di anggap sebagai cara efektif untuk meredakan stres. Tanpa kita sadari, aktivitas ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain berguna untuk menjaga kesehatan fisik ternyata olahraga juga dapat menjaga kesehatan mental kita loh.

Olahraga atau tubuh yang di lakukan secara rutin akan meningkatkan imun tubuh, meningkatkan kualitas tidur, serta dapat menjaga kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Nggak hanya itu, ternyata aktivitas ini juga dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan beberapa dokter menyarankan agar ini menjadi aktivitas untuk mencegah dan meringankan gejala penyakit mental.

Di era sekarang ini, banyak penyakit mental yang mudah menyerang di semua kalangan. Banyak remaja terserang berbagai penyakit mental padahal dapat di atasi hanya dengan bergerak. Depresi, anxiety, dan feeling lonely merupakan contoh gejala awal dari munculnya depresi. Kamu dapat mengatasi hanya dengan berolahraga. Banyak macam dari aktivitas ini, kamu dapat memilih apa yang kamu sukai seperti jogging, yoga, work out, atau senam. Ada juga pilihan lain jika kamu ingin berenang atau bersepeda.

Saat melakukan olah tubuh, tubuh akan menghasilkan hormon – hormon yang akan memberikan energi positif pada tubuh. Energi positif ini dapat meredakan rasa cemas dan stres yang ada di dalam tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga yang rutin dilakukan selama 16 minggu akan menghasilkan efek yang sama atau setara dengan menggunakan obat antidepresan untuk meringankan gejala depresi. Selain itu, dilansir dari alodokter yang mengatakan bahwa rutin melakukan olah tubuh selama 30 menit akan memperbaiki mood penderita depresi. Depresi dapat menyerang siapa saja tak kenal usia. Jangan sampai depresi menganggu aktivitas dan hubungan sosial mu.

Hindari Depresi Dengan Cara Ini

Olahraga menjadi kunci hidup sehat jasmani maupun rohani. Aktivitas ini mampu menagkal racun toxic di dalam tubuh dan mental kamu. Padatnya aktivitas sehari – hari tanpa di imbangi olahraga akan berdampak pada diri kamu. Ditambah dengan cuaca panas terik, jalanan macet, tugas deadline, dan gebetan yang tak segera membalas whatssapp kamu membuat tubuh menjadi depresi. Perubahan mood dan perilaku yang labil menjadi indikasi bahwa kamu terkena depresi ringan.

Depresi di bagi menjadi 3 yaitu, depresi ringan, depresi sedang, dan depresi berat. Jika sudah menemukan gejala atau ciri – ciri di bawah ini  kamu harus lebih memperhatikan tubuh mu.

Ciri – ciri orang terkena depresi dapat dilihat dari 2 aspek, yaitu secara psikologi diantaranya selalu merasa bersalah dan menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah terjadi. Merasa cemas dan khawatir berlebihan. Perubahan suasana hati menjadi buruk yang terjadi secara berkelanjutan. Sensitif, menjadi mudah marah dan menangis.

Sedangkan ciri fisik akibat depresi diantaranya adalah selalu merasa kelelahan dan tidak bertenaga. Tidak berselera makan. Kesusahan tidur atau bahkan terlalu banyak tidur. Pusing tanpa sebab dan perubahan berat badan baik naik atu turun secara derastis.

Jika tidak di segera di obati, depresi dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan fisik dan psikologi. Beberapa masalah yang akan terjadi adalah rusaknya hubungan sosial dan meningkatkan peluang untuk mengakhiri hidupnya.

Untuk kamu yang sedang galau, stres, atau mungkin sudah terindikasi gejala di atas, kamu dapat hindari depresi dengan cara ini. Setiap pagi atau sore kamu dapat meluangkan waktu 30 menit untuk melakukan olah tubuh mu sendiri. Nggak perlu ribet kamu juga dapat melakukan aktivitas ini di kamar kost.

Hubungan Olahraga Dengan Kesehatan Mental

Tahu kah kamu, pada saat olahraga kelenjar pituitari dan hipotalamus di dalam otak kita akan melepas hormon endorfin. Yang mana hormon ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan stres, dan juga meningkatkan rasa baik secara keselurahan. Hal ini yang menyebabkan olahraga dapat memincu munculnya perasaan positif. Jika kita rutin melakukan olahraga maka tubuh akna semakin aktif menghasilkan hormon endorfin. Oleh karena itu kita akan merasa bahagia.

Hormon endorfin yang aktif ini memiliki efek yang sama dengan hormon morfin. Hal ini juga yang menyebabkan setelah berolahraga seseoranng akan merasa lebih berenergi dan lebih bahagia dari pada sebelumnya. Tak hanya itu, ternyata banyak sekali manfaat dari aktivitas ini. Faktanya, olahraga juga melepaskan hormon serotin. Hormon serotin sendiri berfungsi untuk mengelola suasa hati. Kombinasi hormon endorfin dan serotin akan meningkatkan suasa hati setelah berolahraga. Selain itu, juga akan meredakan rasa cemas dan stres yang muncul.

Untuk kalian yang memiliki aktivitas yang sangat padat. Jangan lupa sempatkan untuk berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tak hanya merawat kesahatan fisik namun kita juga tetap harus menjaga kesehatan mental. Nah itu dia penjelasan tentang hubungan olahraga dengan kesehatan mental.

Tips Agar Tidak Malas Berolahraga

Begitu banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin melakukan aktivitas ini bukan? Meski memiliki banyak manfaat, banyak yang nggak mau melakukannya. Buat kamu yang masih malas – malasan berolahraga, simak tips di agar tidak malas berolahraga.

Prioritaskan Kesehatan

Jika kamu memprioritaskan kesehatan tubuh dan mental mu, maka untuk melakukan aktivitas ini tidak akan terasa berat. Tujuan untuk hidup sehat sudah tertanam di otak mu

Buat Jadwal Olahraga

Dengan membuat jadwal yang paten mau tidak mau kamu harus melakukan rutinitas tersebut. Olahraga akan asik dilakukan pada waktu pagi atau sore hari

Mulai gerakan yang sederhana

Jika malas untuk olahraga ribet, kamu dapat memulai aktivitas ini dengan simple loh. Kamu dapat memulai dari gerakan yang sederhana dan tentunya bisa di lakukan cukup di kamar. Misalnya melakukan work out dengan gerakan sit up, push up, back up, dan plank setiap pagi nya.

Ajak Teman

Berolahraga dengan mengajak teman tentunya membuat aktivitas ini menjadi lebih ber semangat. Kamu juga dapat mengikuti komunitas olahraga yang sesuai dengan minatmu.

Mencoba Olahraga Baru

Mencoba jenis olahraga baru dapat mengusir rasa bosan yang ada pada mu. Terdapat berbagai jenis olahraga yang dapat kamu pilih. Kamu dapat menggantinya sesuai dengan keingannmu. Kamu dapat memilih work out, berenang, berlari, berkuda, atau yoga.

Mendengarkan Musik

Melakukan aktvitias ini akan lebih seru jika di lakukan bersamaan dengan mendengarkan musik. Di iringi musik kesukaanmu tentunya olahraga akan terasa lebih menyenangkan bukan.

Jasa Pelatih

Dengan adanya jasa pelatih pasti kamu akan lebih rajin. Selain itu, juga dapat membekali tips kebugaran yang tepat.

Reward Untuk Diri Sendiri

Memberi reward untuk diri sendiri setelah kamu mencapai target olahraga yang telah kamu tetapkan. Dengan begitu, olahraga akan menjadi lebih menyenangkan.

Itulah tips agar tidak malas ber olahraga.

Back To Top
Exit mobile version