Obesitas (Overweight) Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

obesitas (overweight)
Obesitas (Overweight) Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Obesitas (Over Weight) Sebabkan Penyakit Jantung Dan Hal Yang Fatal Bagi Orang Yang Tidak Memperhatikan Pola Makan. Memiliki berat badan berlebih tentu menjadi suatu masalah yang serius bagi mereka yang punya masalah Obsesitas. Seperti yang anda ketahui kelebihan berat badan adalah kondisi di mana penumpukan lemak yang berlebih. Akibat tidak adanya keseimbangan asupan energi dengan energi yang di gunakan dalam waktu yang lama. Terlebih mereka yang memiliki berat badan tidak seimbang karena pola makan yang tidak baik. Untuk itu yang tidak menyukai aktivitas fisik yang gemar rebahan. Melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan energi yang di keluarkan justru asupan terus ada. Salah satu ciri dari mereka yang memiliki ciri berat badan berlebih adalah berat badan dan tinggi badan yang tidak ideal. Keduanya tidak seimbang dengan dapat membagi berat badan dengan tinggi badan menurut IMT. Menurut World Health Organization mengatakan apabila seseorang menderita obesitas apabila memiliki IMT lebih dari 25 kg/m.

Tentu menjadi suatu masalah besar justru jika seseorang yang masuk dalam kategori Obesitas ini. Oleh karena itu telah di kutip oleh Everyday Health yang menyatakan bahwa seseorang yang telah berusia 40-59 tahun. Kemudian dia yang memiliki berat badan yang tidak semestinya atau Obesitas akan sangat beresiko signifikan dan lebih rentan. Karena itu mereka yang cenderung memiliki berat badan berlebih rentan terkena penyakit di banding mereka yang mempunyai berat badan normal.

Dalam hal ini risiko signifikan berkisar sekitar antara 21 hingga 85%. Sebagaimana hal ini akan semakin memperburuk kondisi kesehatan seseorang nantinya.

Karena seperti yang telah di lansir Everyday Health dan Pen Medicine berikut penjabarannya ;

Mengubah kadar kolesterol

Di mana berat badan berlebih dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik

Meningkatkan tekanan darah

Berat badan berlebih membutuhkan lebih banyak darah untuk menyuplai oksigen. Oleh karena itu tekanan darah yang tinggi menyebabkan serangan jantung.

Mencegah Hadirnya Obesitas

Selanjutnya mungkin membahas tentang solusi yang tepat untuk dapat Mencegah Hadirnya Obesitas atau bahkan mengatasinya. Maka dari itu patut di simak untuk kamu yang ingin lebih waspada dan ingin tahu cara mengatasinya. Apalagi semakin banyaknya kasus yang timbul dan menjadi perhatian bagi ahli kesehatan. Itulah sebabnya bagi penyandang atau kamu yang ingin mencegah bagaimana datangnya berat badan berlebih sebagai berikut.

Memperhatikan Pola Makan

Sering kali dari kita yang menganggap hal ini sepele, mungkin karena kesibukan aktivitas atau lain sebagainya. Karena pada dasarnya kegemukan juga hadir dengan pola makan yang tidak sehat. Dengan asupan kalori yang lebih banyak di bandingkan dengan yang di bakar. Sehingga terjadi penimbunan lemak secara terus menerus. Maka pilihlah makanan yang berserat, hindari jenis karbohidrat yang mengandung gula, konsumsi protein rendah lemak. Terlebih makanan yang di goreng sebaiknya di hindari.

Meluangkan Waktu Berolahraga

Tidak hanya mengatur pola makan, penderita berat badan berlebih juga sebaiknya melakukan aktivitas olahraga. Tujuannya agar menurunkan lemak yang ada pada tubuh penyandang. Kegiatan sederhana saja seperti berkebun, bangun lebih pagi, atau bahkan melakukan jogging.

Operasi Bariatrik

Hal ini tentu bagi anda yang mungkin penyandang berat badan yang sudah di katakan parah. Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan operasi bariatik ini. Karena prosuder yang akan di lakukan dengan membatasi ruang pada organ lambung. Dan juga dengan membagi organ pencernaan menjadi lebih kecil dan memanipulasi lambung. Bila dengan cara tersebut berhasil pastikan juga selalu menerapkan pencegahannya. Karena seperti tips yang di awal menjaga pola makan dan sering berolahraga.

Maka dengan begitu tubuh akan mendapatkan nutrisi yang seimbang dan mendapatkan tubuh lebih ideal. Sehingga akan lebih dapat terhindar dari obesitas. Semua kembali kepada personal masing-masing tentang bagaimana menerapkan pola makan. Serta terus melakukan aktivitas fisik yang nantinya akan membantu menurunkan berat badan secara perlahan.

Overweight Di Indonesia Semakin Mencemaskan

Selain tahu bahayanya tentang berat badan yang berlebih anda perlu ketahui juga kasusnya di Indonesia. Dengan semakin banyaknya Overweight Di Inonesia Semakin Mencemaskan. Untuk perlu anda ketahui juga agar sebagian kamu tetap menjaga pola makan yang baik. Dan sering melakukan aktivitas fisik agar terhindar dan mengalami kasus yang serupa.

Telah di kutip CNN Indonesia tentang jumlah itu kembali meningkat dengan berdasarkan data Riskesdas terbaru pada tahun 2018. Di mana di tunjukan 21,8 persen masyarakat yang mengalami berat badan berlebih. Tentu bila terus di biarkan penelitian memperkirakan angkat obesitas akan mencapai 40% di tahun 2030 nantinya.

Dan perlu di ketahui Peringatan Hari Obesitas Sedunia jatuh di setiap tanggal 24 Maret. Dengan refleksi kondisi overweight di Indonesia yang semakin parah. Dan tiap tahunnya kasus overweight semakin parah dan terus meningkat di Indonesia.

Ini di nyatakan langsung oleh ahli gizi Mochammad Rizal kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/3). Yaitu “Kondisi berat badan berlebih di Indonesia semakin menanjak di setiap tahunnya. Tentu jika tidak segera di atasi, riset yang menyatakan pada tahun 2030 akan menjadi 40%. Bisa di katakan dari satu atau dua orang Dewasa mengalami yang namanya berat badan lebih.

Faktor lainnya juga di katakan karena semakin banyaknya gerai makanan-makan lezat dengan tinggi kalorinya. Apalagi di tambah iklan yang semakin hari semakin menarik dan sudah pasti menggugah selera. Ungkap dari akun instagram @rizalnutritionist.

Maka bagi kamu patut berhati-hati jika sayang terhadap diri sendiri. Atau bahkan orang lain yang bisa di ingatkan soal pentingnya merawat badan dengan ideal. Untunya akan sangat banyak bila seseorang dalam kondisi yang ideal dengan beratnya. Dan semakin lancar menjalani aktivitas dan lebih maksimal dalam melakukan apa saja. Karena sebagian besar aktivitas di lakukan oleh tubuh kita sendiri. Maka sangat di butuhkan sekali kondisi yang prima apalagi dengan berat badan yang perlu di perhatikan lebih.

Overweight Juga Ancam Remaja

Ternyata tidak hanya orang dewasa yang mengalami masalah tersebut. Seperti yang di katakan Kementerian Kesehatan RI yang juga memperhatikan problematika tersebut karena bisa mengancam masa depan remaja di Indonesia. Karena Overweight Juga Ancam Remaja yang tidak memperhatikan makanan dan aktivitas fisiknya.

Sebagaimana perlu di ketahui bahwa salah satu masalah kesehatan yang juga di alami remaja adalah kegemukan. Tentu penyebab utamanya karena berasal dari pola makan. Karena di ambil dari data Global School Health Survey tahun 2015 di nyatakan antara lain: sering menyantap makanan penyedap (75,7%), jarang sarapan (65,2%), dan jarang mengkonsumsi sayuran dan buah (93,6%).

Dan cenderung remaja sekarang cenderung menyukai pola yang di namakan sendery life. Sehingga kurang memiliki aktivitas fisik yaitu (42,5%). Maka hal-hal ini yang memicu remaja sekarang cendurung memiliki badan berlebih. Sehingga tidak menutup kemungkin remajapun dapat mengalami beberapa penyakit. Seperti hipertensi, diabetes osteoporosis, kanker, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penurunan produktivitas akibat Obesitas.

Back To Top
Exit mobile version