Modifikasi Knalpot Tiga Suara Dari 3Tech Racing Evolution

Modifikasi Knalpot Tiga Suara Dari 3Tech Racing Evolution
Modifikasi Knalpot Tiga Suara Dari 3Tech Racing Evolution

Modifikasi Knalpot Umumnya Merupakan Hal Yang Pertama Kali Di Lakukan Oleh Pecinta Otomotif Terhadap Motor Kesayangannya. Artikel kali ini akan membahas seputar knalpot motor dan modifikasi yang di lakukan. Seperti yang kita ketahui, knalpot sendiri berfungsi sebagai media untuk mendistribusikan gas buang dari ruang pembakaran motor. Peredaman suara yang di timbulkan dari ledakan di mesin saat kompresi bensin bercampur air juga menjadi fungi lain dari knalpot. Maka dari itu, mengapa komponen ini di desain memanjang dari mesin hingga ke belakang body motor. Hal ini di bertujuan untuk melepas panas yang di hasilkan dari mesin saat proses pembakaran terjadi. Dan, di atur kearah belakang agar suara yang di hasilkan ketika menekan gas dalam tidak akan mengganggu pendengaran si pengemudi. Knalpot biasanya di atur pada ketinggian tertentu, tidak terlalu rendah maupun teralalu tinggi. Desain ketinggian ini umumnya menyesuaikan kondisi dan jenis dari motor, serta panjang dari komponen ini juga perlu di perhatikan.

Tinggi rendahnya exhaust di sesuaikan dengan jenis motor dan kebutuhan yang akan di jalani. Seperti contoh, motor trail yang sering di gunakan offroad dan juga medan jalan yang ekstrim memiliki ketinggian knalpot sejajar dengan pinggang orang dewasa. Sedangkan pada contoh lain, motor skutik memiliki ketinggian knalpot tidak lebih tinggi dari lutut orang dewasa. Perbedaan ketinggian ini di desain secara sengaja, mengingat penggunaan motor skutik yang tak se ekstrim motor trail.

Desain knalpot yang tinggi pada motor trail juga memberikan kesan ringkas serta melinduni komponen ini dari benturan dan hentakan. Tinggi exhaust juga tidak lebih rendah dari 20cm di atas permukaan jalan juga bukan tanpa sebab. Selain di pastikan akan rusak akibat tergerus jalanan, knalpot yang sangat rendah akan rawan kemasukan air saat melewati genangan air atau banjir kecil. Yang berakibat mesin motor akan mati karena air masuk ke mesin melalui exhaust.

Modifikasi Knalpot Menjadi Hal Pertama Yang Di Lakukan

Ada banyak hal yang bisa di lakukan untuk membuat tampilan motor kesayangan memiliki tampilan estetika yang baik. Namun, beberapa pecinta otomotif lebih cenderung untuk memodifikasi motor mereka yang berfokus pada performa mesin. Fokus ini menjadi sangat penting sehingga hal tersebut yang menjadi hal yang pertama kali di lakukan pada motor mereka. Dan Modifikasi Knalpot Menjadi Hal Pertama Yang Di Lakukan sebab hal ini di percaya mampu meningkatkan performa motor. Hal ini dapat terjadi karena hambatan yang ada pada exhaust modifikasi tidak sekomplit exhaust standar. Oleh karena itu, exhaust modifikasi memiliki suara yang lebih bising dan keras dari exhaust standar.

Menambah tampilan estetika pada motor karena exhaust modifikasi umumnya memiliki tampilan yang racing look. Sehingga memberikan daya tarik tersendiri di dunia otomotif. Modifikasi Knalpot juga memberikan bobot yang lebih ringan pada motor. Terlebih jika seseorang memulai modifikasi motor dengan tujuan kompetisi, selain melakukan ubahan pada motor, exhaust juga di perhatikan. Namun, alasan pengurangan bobot untuk penggunaan harian tidak sering terdengar.

Banyak pengguna motor dengan exhaust modifikasi mengatakan jika suara yang di hasilkan merupakan alasan utama mereka menggantinya. Mereka berkata bahwa knalpot standar memiliki suara yang terkesan lemah dan tak bertenaga. Suara merdu yang di hasilkan oleh exhaust modifikasi memberikan kesan bertenaga dan cocok di pasang pada motor tertentu. Seperti motor naked sport, sport fairing, sport touring, underbound, offroad trail, dll. Para pemilik motor seperti ini sangat cocok jika beralasan seperti itu, karena bukan tanpa alasan mereka membeli motor dengan tipe tipe tersebut. Exhaust yang cocok dengan motor akan meningkatkan kecepatan dan performa mesin.

Hal seperti itu jarang di temukan pada tipe motor matic atau skutik. Desain motor dan mesin tidak di rancang untuk memberikan performa pada kecepatan, namun lebih kepada efisiensi. Yang mana jika teknologi efisiensi bahan bahan bakar ini akan tidak berguna jika melakukan Modifikasi Knalpot.

Knalpot Apa Yang Cocok

JIka mengobrol tentang modifikasi knalpot, pikiran orang pada umumnya tak jauh dari kata knalpot racing yang berisik. Exhaust yang hanya memberikan suara yang keras dan memekakkan telinga tanpa memberikan performa apapun alias suara kencang motor lambat. Seperti definisi dari modifikasi yaitu melakukan ubahan pada sebagian atau keseluruhan parts pada motor dari bentuk aslinya. Melakukan ubahan sebagian atau keselurah knalpot juga termasuk kedalam aktifitas modifikasi dan hal ini memiliki aturan yang meregulasinya di Indonesia. Peraturan tersebut mengatakan setidaknya exhaust harus memiliki pipa pembuangan, manifold, serta peredam suara. Maka dari itu, Knalpot Apa Yang Cocok untuk motor Anda dengan regulasi seperti ini?

3Tech Racing Evolution merupakan brand yang menjual produk knalpot aftermarket asal Indonesia. Mereka memiliki segmentasi knalpot racing 3 suara hasil dari inovasi teknologi karya anak bangsa. Exhaust unik ini memiliki 3 suara yang bukan bermakna kiasan, namun dengan nyata memiliki tiga suara. Suara yang di hasilkan dari exhaust ini di hasilkan dari perubahan arah katup yang ada pada pangkal muffler. Perbedaan arah katup ini akan menghasilkan suara yang di keluarkan berbeda di pada setiap derajat bukaannya.

Produk dari 3Tech ini banyak di pasarkan untuk berbagai motor di Indonesia. Sistem pemasangan mudah berkat sistem modular yang mana pemasangan yang Plug N Play untuk setiap motor yang kompatibel. Mekanisme buka tutup katup di muffler nya juga tersedia dalam varian manual shifter dan electric shifter. Manual shifter merubah arah katup dengan mekanisme kabel seperti membuka dan menutup kopling. Hanya saja, pada shifter ini memiliki kuncian step sehingga dapat di atur sesuai dengan suara yang di inginkan. Sedangkan elektrik shifter menggunakan tombol yang sudah di atur, pengguna tinggal menekan tombol dan suara akan otomatis berubah sesuai keinginan. Mekanisme elektrik tentu menggunakan listrik yang di dapat dari baterai motor.

Modifikasi Seperti Ini Aman

Melakukan modifikasi pada knalpot ternyata memberikan bahaya yang serius pada motor. Bukan hanya konsumsi bbm yang menjadi boros, motor juga menjadi tak bertenaga jika salah dalam melakukan modifikasi. JIka hanya mementingkan suara yang keras saja, tentu hal seperti ini yang harus di korbankan. Bahkan tak jarang, ECU pada motor pun ikut bermasalah bahkan rusak akibat dari modifikasi exhaust yang asal asal.

Namun produk dari 3Tech membuat Modifikasi Seperti Ini Aman karena mulai dari material yang di gunakan hingga desain ukuran dan penempatan yang presisi. Keamanan lain yang di rasa yaitu suara dari knalpot unik ini yang tidak terlalu bising sehingga masih berada di dalam batas aman regulasi. Terakhir, penting untuk di ketahui jika ingin melakukan modifikasi knalpot standar ke racing, pilih dan gunakan knalpot orisinil buatan pabrik juga. Hal ini di karenakan produk yang di buat melewati tahapan dan pegujian sehingga dapat di pasarkan dan pastinya aman untuk motor. Namun jika Anda lebih memiiki untuk tidak melakukan modifikasi, maka tetap berada di knalpot standar adalah pilihan yang tepat alih alih Modifikasi Knalpot.

Back To Top
Exit mobile version