Mengatur Kamar Tidur Yang Baik Dan Nyaman

Mengatur Kamar Tidur Yang Baik Dan Nyaman
Mengatur Kamar Tidur Yang Baik Dan Nyaman

Mengatur Kamar Tidur Yang Baik Dan Nyaman Agar Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Selama beberapa abad di seluruh dunia, orang dapat tidur nyenyak di mana saja, mulai dari di atas tanah sampai di atas jerami, di atas kulit domba dan kasur air. Di luar bumi, para astronaut telah menciptakan perlengkapan tidur yang di ikat vertikal dalam kantong tidur dalam kondisi tanpa bobot. Kamar tidur adalah tempat berlindung kita. Meskipun orang dapat membiasakan diri terhadap hampir semua hal, lingkungan kamar tidur betul-betul membuat kenyenyakan tidur menjadi berbeda. Agar tidur kamu menyegarkan, kamu harus Mengatur Kamar Tidur senyaman mungkin. Pastikan bahwa kamar tidur kamu adalah tempat yang nyaman untuk tidur dalam waktu lama. Jagalah kamar tidur kamu agar tetap tenang.

Mengatur Kamar Tidur dengan memilih menggunakan perlengkapan tidur yang nyaman. Pilihlah kasur yang nyaman dan tidak berbunyi dan tidak sakit untuk di tiduri. Aturlah lampu kamarmu ketika tidur agar tidak begitu terang sehingga membuat kita sulit tidur. Setiap orang memiliki kepekaan yang berbeda terhadap kegaduhan. Segala suara yang melebihi tujuh puluh desibel merangsang sistem saraf kamu, mengirim sinyal ke seluruh tubuh kamu, dan membuat kamu terjaga. Air yang menetes dari keran, suara radiator yang keras, sirene ambulans, mobil kebakaran dan mobil polisi, gonggongan anjing, stereo yang keras, dan orang-orang yang bersuka ria hingga larut malam adalah gangguan istirahat yang biasa terjadi. Gangguan suara yang mendadak dan kuat bisa mengganggu tidur kamu. Kegaduhan yang tiba-tiba akan menaikkan tekanan darah kamu. Benar-benar membuat tidak nyaman untuk tidur.

Mengatur Kamar Tidur Yang Nyaman

Ada beberapa cara untuk Mengatur Kamar Tidur Yang Nyaman yang bisa kamu coba, di antaranya sebagai berikut:

  • Tingkat Cahaya

Cahaya yang terlalu banyak bisa menambah sulitnya tidur. Menggunakan kain gelap untuk menutup jendela atau dauri pintu bisa membantu mengurangi jumlah cahaya yang menembus kamar tidur dari jalan koridor, jalan, dan matahari pagi. Penutup mata dapat berfungsi sama.

  • Temperatur

Temperatur yang ideal untuk tidur kira-kira 18°C. Jika terlalu hangat atau terlalu dingin, kamu tidak bisa tidur lama. Kamar tidur yang panas, terlalu banyak selimut dan sarung bantal atau seprai dapat menggangu tidur dan bahkan menimbulkan mimpi buruk. Mungkin sekali kamu akan terbangun kepanasan. Banyak orangtua menghangatkan kamar tidur anak-anak mereka secara berlebihan, meskipun maksudnya baik. Tidak mengherankan jika anak-anak bangun pada tengah malam karena bermimpi buruk. Namun, jangan membuat anak-anak kamu kedinginan pula. Kamar yang dingin sama mengganggunya karena dapat menyebabkan mereka terbangun kedinginan pada malam hari.

  • Tingkat Kelembapan

Banyak orang lebih menyukai udara yang segar. Akan tetapi, ini bukan prasyarat untuk tidur malam yang nyenyak. Tingkat kelembapan yang relatif ideal untuk kamar tidur adalah 60 sampai 70 persen. Kamu boleh membeli alat pelembap atau penghilang kelembapan, bergantung pada kebutuhan kamu. Keuntungan lain memiliki alat pengontrol kelembapan adalah bahwa suara derumannya yang konstan mungkin mengalahkan suara gaduh yang dapat mengganggu tidur kamu.

  • Keamanan

Kunci tambahan di pintu depan mungkin menciptakan perbedaan yang besar terhadap rasa aman yang kamu rasakan pada malam hari. Demikian juga dengan alarm asap Sebagai kebiasaan setiap malam menjelang tidur, periksalah kunci pintu dan tutuplah jendela. Kamu akan tidur lebih mudah. Dan jangan lupa memeriksa baterai dalam detektor asap kamu.

Dekorasi Yang Nyaman

Untuk menciptakan kamar tidur yang tenteram, pilih warna kamarmu yang dapat di asosiasikan dengan kedamaian dan ketenangan. Sebagai contoh, banyak orang memilih warna biru atau hijau karena wama tersebut mengingatkan mereka pada samudra atau saat-saat di taman luar rumah. Atau memilih warna yang lembut seperti Rose Gold, Beige dan Nude yang memberi kesan mewah dan lembut pada kamarmu. Hindari warna kamar yang terlalu mencolok dan terlalu banyak warna. Dekorasikan kamar kamu agar minimalis dan senada dengan warna dindingnya. Dekorasi Yang Nyaman pada kamar tidak menggunakan pernah-pernik yang berlebihan dan tidak berguna.

Jangan meletakkan barang-barang yang jarang di pakai di kamarmu, dan pilihla tempat penyimpanan yang tidak mencolok. Jika kamu memilih lemari ataupun laci-laci, hindari yang pintunya transparan, hal ini karena akan membuat kamarmu terlihat penuh dan berantakan. Bila kamu ingin menggunakan kaca pada pintunya, pilihlah pintu kaca yang blur atau berwarna senada dengan kamar kamu. Jagalah kebersihan kamar tidur kamu dan jangan ada benda-benda berserakan, Tumpukan pakaian, laporan, dan tagihan menyebabkan kamu stres. Lukisan pemandangan desa, foto dari liburan masa lalu, dan potret anggota keluarga bisa menciptakan suasana yang penuh damai untuk beristirahat. Jauhkan jam-menyala dari pandangan kamu agar kamu tidak melihat jam pada malam hari. Kalau kamu selalu melihat jam pada malam hari, kamu dapat merasa cemas karena tidak bisa tidur. 

Sprei Dan Sarung Bantal

Yang terpenting dari Sprei Dan Sarung Bantal adalah bersih, sejuk, dan lembut menyenangkan. Bahan seprai dan sarung bantal tidur yang populer adalah kain katun, linen, dan poliester. “Kualitas kain di tentukan oleh jumlah benang tenunan per-inci semakin banyak jumlah benang, semakin baik kualitasnya. Katun adalah serat yang paling populer untuk seprai dan sarung bantal, baik di pakai sendiri maupun dipadukan dengan linen, sutra, atau poliester. Seprai dan sa rung bantal yang terbuat dari katun bersifat menyerap, praktis untuk iklim apa saja dan tahan lama. Bahkan semakin lama di pakai semakin nyaman.

Seprai dan sarung barntal yang terbuat dari sutra juga tahan lama, tetapi biasanya lebih mahal. Sutra berkesan mewah dan menjaga kamu tetap hangat pada musim dingin. Untuk kualitas super, kamu boleh mencoba seprai dan sarung bantal yang terbuat dari linen. Sebagai “bahan yang paling sehat untuk tidur”, linen tidak menjadi kotor dan menyerap kelembapan semudah katun. Idealnya, linen cocok di gunakan selama bulan-bulan musim panas atau pada iklim panas karena ringan dan sejuk. Meskipun paling mahal, seprai dan sarung bantal linen tahan lama. Dua pasang seprai dan sarung bantal linen yang baik bisa bertahan hingga dua puluh tahun.

Bagaimana Kamu Memilih Kasur Yang Tepat

Bagaimana Kamu Memilih Kasur Yang Tepat untuk tidur? The Better Sleep Council di Amerika mengemukakan check list ABC yang harus di ikuti dalam memilih kasur yang tepat, yaitu:

  • Age (Usia). Beberapa studi menunjukkan bahwa sebuah kasur dan alas tidur memberikan layanan yang optimal selama kira-kira delapan hingga sepuluh tahun untuk pemakaian malam hari. Setelah kira-kira satu dasawarsa, kasur tidak lagi memberikan kenyamanan dan fungsi yang kamu butuhkan untuk tidur malam yang baik.
  • Beauty (Keindahan). Jika nanti kamu mengganti seprai, perhatikan kasur kamu. Apakah kamu merasa malu untuk menunjukkan kasur kamu tanpa seprai kepada tetangga? Carilah kotoran, noda, atau bekas air mata di seprai dan sarung bantal, serta permukaan yang tidak rata dan bagian-bagian yang menggelembung di sekitar tempat kamu biasanya berbaring. Kasur yang tampak jelek biasanya menunjukkan kinerjanya yang rendah. Dan kasur mahal memiliki matras untuk melindunginya dari noda.
  • Comfort (Kenyamanan). Berbaringlah dan pusatkan pikiran pada “rasa” kasur kamu. Mungkin ini tidak semudah yang di bayangkan. Jika tidur di atas tempat tidur yang sama setiap malam, kamu menjadi tidak peka terhadap kenyamanan dan daya topangnya yang menurun. Maka dari itu memilih tempat tidur yang nyaman walaupun dengan harga yang mahal adalah hal yang wajar. Nah itulah cara-cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kenyamanan dalam Mengatur Kamar Tidur.
Back To Top
Exit mobile version