Manfaat Micellar Water Untuk Kulit Wajah

Manfaat Micellar Water Untuk Kulit Wajah
Manfaat Micellar Water Untuk Kulit Wajah

Manfaat Micellar Water Untuk Kulit Wajah Yang Bisa Megangkat Make Up Dan Menghilangkan Kotoran Di Wajah Seperti Polusi. Micellar water adalah pembersih kulit lembut yang mengandung misel, kelompok kecil molekul. Misel mengikat minyak, menghilangkan riasan dan juga kotoran di wajah, sekaligus menghidrasi kulit wajah kamu. Micellar water menawarkan cara untuk membersihkan kulit tanpa mencuci atau menggosok wajah. Oleh karena itu, ini bisa menjadi alternatif yang lembut di bandingkan pembersih yang lebih keras. Namun, bukan berarti kamu tidak membilas wajahmu dengan air dan sabun. Kamu tetap harus mencuci wajahmu dengan air dan sabun.

Micellar Water menjadi alternatif jika kamu berada di tempat yang tidak memungkin untuk mencuci wajah dengan air dan sabun. Micellar water juga berguna untuk situasi di mana seseorang ingin menghapus riasan tetapi tidak memiliki akses terhadap air mengalir, seperti saat sedang bepergian. Namun, beberapa orang mungkin menemukan bahwa hanya menggunakan air misel untuk membersihkan kulit tidak sepenuhnya menghilangkan riasan tebal atau tahan air. Manfaat Micellar Water pada wajah sangat banyak, dan micellar water merupakan barang wajib yang di miliki oleh para beauty enthusiast.

Ada perbedaan yang signifikan ketika kamu mencuci wajah namun tidak menggunakan micellar water sebelumnya, di banding ketika kamu menggunakan micellar water. Itulah mengapa para ahli kecantikan mewajibkan kita untuk melakukan double cleansing menggunakan micellar water. Karena double cleansing berfungsi untuk megangkat kotoran atau residu riasan yang tidak bisa di lakukan oleh sabun pencuci wajah saja. Maka dari itu kami menjelaskan tentang apa saja kegunaan dan Manfaat Micellar Water pada wajah kita.

Cara Kerja Micellar Water

Kunci Cara Kerja Micellar Water terletak pada surfaktan yang di kandungnya. Molekul surfaktan mempunyai dua sisi: sisi yang satu untuk menarik air selanjutnya sisi yang lain untuk menarik minyak. Yang berarti surfaktan bisa menyatukan air dan minyak, biasanya kedua hal tersebut tidak dapat tercampur. Hal ini yang membuat surfaktan menjadi bahan utama dalam produk kebersihan dan sabun. Bedanya dengan micellar water yaitu bentuk molekulnya yang terlihat seperti bola. Ujung setiap molekul yang menarik air menghadap ke luar, sedangkan ujung yang menarik minyak menghadap ke dalam. Hal ini memungkinkan misel mengapung dalam cairan dan menarik serta mengikat minyak yang bersentuhan dengannya. Saat seseorang mengoleskan air misel ke wajah, misel tersebut memerangkap riasan dan sebum, sehingga menjauhkannya dari kulit. Beberapa surfaktan bersifat keras dan mengeringkan, tetapi air misel mengandung surfaktan nonionik yang lebih lembut, sehingga dapat meninggalkannya di kulit.

Micellar water cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering, berminyak, dan sensitif. Namun, hal ini bergantung pada kandungan spesifik pada masing-masing formula, yang berbeda-beda dari satu merek ke merek lainnya. Ada yang khusus untuk kulit sensitif atau kering, ada pula yang khusus untuk kulit berminyak. Orang bisa menggunakan micellar water setiap hari jika mereka mau. Beberapa orang mungkin ingin menggunakannya sebagai pembersih ringan di pagi hari, sementara yang lain mungkin lebih suka menggunakannya sebagai penghapus riasan di malam hari. Orang yang memiliki reaksi buruk terhadap air misel mungkin perlu menghindarinya. Ini mungkin juga tidak bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi kulit tertentu. Misalnya, penderita eksim mungkin memiliki kulit yang rusak atau berdarah sehingga air misel tidak cocok. Siapapun yang memiliki penyakit kulit dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran produk mana yang harus di gunakan.

Manfaat Bagi Kesehatan Kulit

Tidak di jelaskan apakah micellar water memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Kulit dalam jangka panjang, namun manfaat jangka pendeknya meliputi:

  • Membersihkan wajah

Micellar water adalah sejenis pembersih yang memungkinkan seseorang menghilangkan zat-zat yang menumpuk di kulit dengan lembut. Ini termasuk riasan, kotoran, dan minyak. Penting untuk menghilangkan riasan dan kotoran setiap penghujung hari, karena berpotensi menyumbat pori-pori. Pembersih apa pun dapat membantu seseorang menghindari hal ini, tetapi micellar water dapat membersihkan wajah meskipun seseorang tidak dapat mencucinya dengan air mengalir. Mereka hanya membutuhkan produk dan sesuatu untuk mengaplikasikannya, seperti kapas. Misel juga memungkinkan zat untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit, meskipun penelitian hingga saat ini hanya berfokus pada kemampuannya dalam menghantarkan obat daripada aplikasi kosmetik.

  • Menghidrasi Kulit

Micellar water seringkali mengandung senyawa yang menghidrasi, seperti humektan. Humektan adalah zat pelembab yang menarik air ke lapisan luar kulit dari dalam kulit dan udara sekitarnya. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti mencatat bahwa gliserin adalah humektan paling efektif yang tersedia dan secara efektif dapat meningkatkan hidrasi di lapisan atas kulit. Gliserin juga memiliki efek menguntungkan pada perbaikan pelindung kulit.

  • Cocok untuk kulit sensitif

Micellar water cocok untuk semua jenis kulit. Sebuah studi tahun 2020 menyimpulkan bahwa air misel cocok untuk penderita rosacea, asalkan tidak mengandung bahan iritan. Orang dengan kulit sensitif atau rosacea dapat mencari air misel yang tidak mengandung: alkohol parfum minyak esensial Selain itu, air misel seringkali mengandung bahan yang menenangkan seperti gliserin yang dapat mengurangi iritasi. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gliserin topikal dapat mengurangi iritasi kulit dan mengurangi penanda peradangan. Namun, karena penelitian ini melibatkan tikus, bukan manusia, dan tidak secara spesifik menguji air misel itu sendiri, tidak jelas apakah air misel juga memiliki efek ini atau tidak.

Efek Samping

Micellar water berfungsi baik sebagai pembersih, namun beberapa orang mungkin merasa micellar water tidak seefektif pembersihan menyeluruh dengan air, pembersih, dan kain muka. Hal ini terutama terjadi pada orang yang memakai riasan tebal atau tahan air. Micellar water juga meninggalkan surfaktan di permukaan kulit. Hal ini tidak menimbulkan masalah bagi banyak orang, namun jika seseorang hanya menggunakan air misel dan tidak juga mencuci muka, surfaktan tersebut dapat menumpuk. Selalu ada kemungkinan produk perawatan kulit baru dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Orang harus selalu melakukan uji tempel pada area kecil kulit sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Jika reaksi merugikan memang terjadi, seseorang mungkin mengalami Efek Samping:

  • Kemerahan atau Peradangan
  • Kulit Kering
  • Rasa gatal, ruam atau gatal-gatal

Jika gejala ini muncul, seseorang harus segera mencuci wajahnya dengan air biasa dan menghentikan penggunaannya. Bila gejalanya terus berlanjut, mereka harus berkonsultasi dengan dokter. Ini memungkin wajah kamu tidak cocok dengan kandungan yang ada di dalam micellar water tersebut. Maka dari itu pilihlah micellar water yang sesuai dengan permasalahan kulit wajah kamu. Banyak orang yang rutin menggunakan air misel sebagai pembersih ringan, penghapus riasan, atau toner. Namun, hasil ini mungkin tidak memberikan hasil yang sama seperti membersihkan wajah dengan sabun muka dan air, terutama untuk riasan tebal atau tahan air. Nah itulah yang bisa kami berikan mengenai Manfaat Micellar Water.

Back To Top
Exit mobile version