Kandungan Kafein Pada Matcha Tak Kalah Bermanfaat Dari Kopi

kandungan kafein
Kandungan Kafein Pada Matcha Tak Kalah Bermanfaat Dari Kopi

Kandungan Kafein Pada Matcha Tak Kalah Bermanfaat Dari Kopi, Ternyata Matcha Memiliki Kandungan Kafein Yang Hampir Sama Dengan Kopi. Minuman satu ini memiliki penggemar yang lumayan banyak dari semua kalangan. Matcha menjadi salah satu alternatif pilihan saat membeli minuman di coffee shop.

Tak hanya dapat di olah menjadi minuman saja, faktanya matcha dapat di jadikan olahan makanan lain. Akhir-akhir ini banyak muncul kue dari olahan matcha. Matcha dapat di olah menjadi cake, dan camilan yang dapat menemani aktivitas sehari-hari. Banyak yang memanfaatkan bubuk teh hijau ini untuk di jadikan olahan mille crepes yang belakangan ini sedang viral.

Selain itu, tak jarang di jumpai cake dengan rasa matcha. Tentunya banyak yang menyukai flavour ini. Dengan cita rasa agak pahit matcha menjadi favorite sebagian orang. Namun banyak juga yang tidak menyukai flavour matcha ini. Beberapa dari mereka menyebut jika rasa matcha seperti rasa rumput.

Memiliki cita rasa yang unik, tentunya matcha mudah di terima di semua kalangan. Selain itu, bubuk teh hijau ini mudah untuk di mix and match menjadi berbagai olahan baik makanan maupun minuman. Oleh karena itu, matcha menjadi populer di kalangan masyarakat.

Tak banyak di ketahui, ternyata matcha mengandung kafein di dalamnya. Pastinya bubuk teh hijau ini dapat menjadi alternatif untuk menjadi pengganti kopi yang tidak bisa di komsumsi oleh orang yang mengidap asam lambung. Kandungan kafein yang ada pada bubuk matcha hampir sama dengan kandungan kafein pada kopi. Tentunya matcha mempunyai manfaat yang sama dengan minuman kopi.

Seperti yang kita ketahui, kafein memberi manfaat yang begitu beragam pada tubuh. Pastinya kamu penasaran dengan manfaat kafein yang ada pada bubuk teh hijau ini. Jika kamu mengonsumsi matcha, tubuh akan teraliri kafein yang sama dengan saat mengkonsumsi kopi. Faktanya mengkonsumsi matcha akan memberi manfaat bagi tubuh karena memiliki kandungan kafein.

Fakta Kandungan Kafein Pada Matcha

Fakta kandungan kafein pada matcha dapat di lihat dari bahan dasar matcha. Yang mana matcha memiliki bahan dasar dari teh hijau. Matcha merupakan gilingan atau hasil dari daun teh hijau yang di haluskan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa teh merupakan salah satu bahan minuman yang mengandung kafein. Di lansir dari internet, daun teh yang di hancurkan dapat menghasilkan kadar kafein yang lebih pekat di bandingkan daun teh biasa. Hal ini di sebabkan dengan di hancurkannya daun teh akan memberikan secangkir teh yang lebih pekat.

Begitu pula sebaliknya, daun teh yang tidak hancur akan cenderung menghasilkan teh dengan kadar kafein yang lebih rendah di bandingkan dengan yang di hancurkan lantaran memiliki konsentrasi minuman yang tidak pekat. 

Matcha sendiri merupakan bubuk teh hijau. Dimana dalam proses pembuatannya matcha berbahan dasar teh hijau. Daun teh hijau ini di pecah dan di hancurkan menjadi serbuk dan di lembutkan kembali hingga menjadi bubuk. Oleh karena itu matcha memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. 

Kandungan kafein pada matcha yaitu sekitar 19-44 mg per gramnya. Dalam satu gelas minuman matcha biasanya menggunakan sekitar 2-4 gram yang berarti bahwa dalam segelas matcha mengandung 38-176 mg kafein di dalamnya. 

Sedangkan, jika di bandingkan dengan biji kopi mengandung 10-12 gr kafein per gram. Dalam satu gelas kopi biasanya mengandung 10 gr kopi sehingga dapat menghasilkan 100 mg kafein.

Setelah tau kandungan kafein pada matcha, kamu dapat menyesuaikan jumlah kadar kafein yang ingin kamu dapatkan. Semakin pekat matcha yang kamu buat maka semakin banyak juga kafein di dalamnya. 

Konsumsi Matcha, Ini Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Kandungan kafein sangat terkenal untuk menghilangkan kantuk. Tak jarang di jumpai orang mengonsumsi kafein untuk menghilangkan kantuknya sehingga dapat menunjang aktivitasnya. Faktanya kafein memang dapat menghilangkan kantuk. 

Tak hanya berfungsi untuk menghilangkan kantuk saja, ternyata masih banyak manfaat kafein lainnya. Dengan konsumsi matcha, ini manfaat kafein bagi tubuh.

Salah satu manfaat kafein bagi tubuh adalah dapat meningkatkan fokus. Sejalan dengan menghilangkan kantuk, kandungan kafein juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan menjaga tubuh agar tetap fokus. 

Kafein dapat merangsang otak untuk bekerja lebih aktif. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat otak merasa waspada sehingga dapat menghilangkan kantuk. Selain itu, dengan mengonsumsi kafein tubuh akan lebih berenergi saat melakukan aktivitas.

Tentunya kafein sangat cocok untuk di minum di pagi hari agar stamina dalam tubuh terjaga. 

Di lansir dari internet, kandungan kafein juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kafein dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa fakta menyebutkan bahwa kafein dapat di gunakan untuk terapi masalah jantung. Terapi antioksidan di dalam kafein yang dapat membantu masalah jantung. Senyawa asam klorogenat yang ada di dalam kafein dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu kafein cocok di konsumsi untuk orang obesitas. Dengan mengonsumsi kafein pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh akan meningkat. Hal ini sudah di buktikan dengan hasil penelitian salah satu dokter. 

Begitu banyak manfaat bagi tubuh mulai dari menghilangkan kantuk hingga manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, konsumsi kafein tidak boleh berlebihan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Tentunya kamu harus mengonsumsi kafein dalam jumlah yang wajar.

Berbagai Olahan Matcha Yang Tak Kalah Nikmat

Tentunya kandungan kafein pada matcha akan sangat bermanfaat bagi tubuh jika di konsumsi dengan tepat. Flavour matcha ini begitu populer lantaran rasanya yang unik sehingga banyak di gemari oleh semua kalangan. 

Populer di jadikan sebagai minuman, olahan matcha ini biasa di sajikan dengan mencampur susu dan sedikit gula sehingga menjadi matcha latte. Penggemar matcha pastinya suka dengan minuman olahan matcha satu ini. Apalagi di tambah dengan cuaca terik tentunya matcha latte segar di sajikan dengan tambahan es batu. 

Meskipun begitu, olahan minuman dari matcha ini juga dapat di sajikan secara hangat atau lebih kerennya di sebut dengan hot matcha. Hot matcha cocok di sajikan pada pagi hari untuk menyambut hari yang cerah. Hot matcha juga cocok menemani aktivitasmu pada saat hujan turun atau cuaca dingin. 

Selain minuman, bubuk teh hijau ini dapat di jadikan sebagai bahan dasar olahan makanan. Banyak di temukan cake dari bubuk teh hijau ini. Tak hanya itu saja, banyak juga olahan makanan lain yang menggunakan bahan dasar dari teh hijau ini.

Salah satunya adalah ice cream matcha. Franchise ternama berhasil menciptakan ice cream dengan flavour matcha yang menjadi favorite dari pelanggannya. Tak jarang flavour ini sering kosong lantaran ramainya pembeli. Rasanya yang enak dipadu padankan dengan beberapa bahan makanan lain membuat ice cream ini sangat di gemari. 

Itu tadi berbagai olahan matcha yang tak kalah nikmat.

Back To Top
Exit mobile version