Kamera Pocket Rasa APSC Professional, Ricoh GR IIIx

Kamera Pocket Rasa APSC Professional, Ricoh GR IIIx
Kamera Pocket Rasa APSC Professional, Ricoh GR IIIx

Kamera Pocket Ini Merupakan Wujud Dari Segudang Fitur Namun Dengan Body Kecil Yang Muat Di Simpan Kedalam Saku. Perangkat perekaman ini mengambil foto dan merekam video dalam format digital. Yang mana berarti, kamera pocket ini termasuk ke dalam kamera pocket digital modern yang menyimpan hasil ke dalam memori. Tak meninggalkan kesan vintage atau kesan kamera film, kamera ini tetap membawa warna khas dari kamera film mereka. Ricoh, telah meramaikan pasar fotografi sejak tahun 1960an yang mana ini berarti Ricoh merupakan pemain lama dalam dunia fotografi. Kepopuleran Ricoh mencapai puncak kejayaan dalam rentang tahun 1970 hingga 1990. Hingga saat ini, para penggemar fotografi akan selalu terbesit di benak mereka Ricoh adalah brand dari kamera street photography. Saat ini, Ricoh kembali menjadi populer dengan hadirnya segmen baru dan unik di jajaran produk kamera mereka. Seri Ricoh GR, merupakan seri Kamera Pocket digital yang memiliki keunikan dan improvement di setiap update seri nya.

Seri ini pun memiliki sejarah panjang karena seri ini di kenal dalam ranah dunia street photography. Dan seri GR yang kami bahas di artikel kali ini ialah Ricoh GR IIIx, yang rilis April 2022 silam. Seri ini merupakan penyegaran dari Seri Ricoh GR III yang rilil sebelumnya. Secara desain, kamera ini sama dengan seri sebelumnya. Feel genggaman yang terasa solid, dengan dial yang melengkapi pengendalian agar kontrol pada kamera semakin mudah.

Kamera ini juga tidak pelit dalam memberikan tombol cepat yang berfungsi mengatur secara langsung fitur yang diinginkan. Kamera kompak premium ini cenderung memiliki desain yang sama dari tahun ke tahun. Hal itu karena mereka ingin mempertahankan kesan portabilitas dan ukuran yang tetap kecil meski fitur di dalam sudah di upgrade. Dengan lensa fixed yang tidak dapat di ganti, lensa pada seri ini memiliki focal length setara 40mm di lensa full frame.

Kamera Pocket Street Fotografi

Lensa dengan focal length 26,1mm yang setara dengan 40mm di sensor full frame membuat kamera ini serasa lebih di tujukan untuk fotografi jalanan. Yang mana dengan desain kompak, gampang di simpan di dalam saku serta kemudahan dalam menggunakannya. Membuat tujuan dari Kamera Pocket keluar menunjukkan jati dirinya pada seri ini. Tag poin and shoot pada kamera pocket sangat menyatu dengan seri kamera ini. Dengan lensa yang ekuivalen setara full frame, memberikan dept of field yang lebih dalam serta tidak terlalu sempit maupun terlalu lebar.

Ricoh terkenal dengan setting warna profil gambar yang di sebut image control. Pengguna dapat memilih berbagai pilihan warna gaya seperti standar, positive film, dan black and white. Pengguna Ricoh lebih sering menggunakan image profil Positive Film dan High contras B&W saat memotret.

Autofokus yang bekerja menggunakan sistem deteksi fasa dan kontras, tidak lambat dan tidak juga cepat. Ketika membidik objek diam atau saat kondisi low light, autofokus masih dapat di andalkan. Autofokusnya dapat mengenal wajah berkat deteksi fasa, hal itu di dapat jika subjek cukup dekat dengan kamera. Namun, jika subjek sedikit jauh dari kamera maka tidak jarang kamera ini miss focus dan sering tidak dapat mendeteksi wajah yang di inginkan. Hal ini dapat di antisipasi berkat bantuan layar LCD pada kamera ini yang sudah touchscreen. Sehingga pengguna tinggal menekan area yang ingin di fokuskan pada layar, maka lensa akan mengatur sedemikian rupa area yang di inginkan. Touchscreen pada layar juga berfungsi sebagai navigasi saat mengatur kamera ini.

Bagi pengguna yang tangannya kurang stabil, kamera ini ternyata memiliki image stabilizeri 3 axis. Yang mana beberapa user kamera ini mengatakan IS pada kamera ini cukup mumpuni. Hal itu karena IS kamera ini mampu menghasilkan foto yang tajam dalam kondisi shutter yang cukup lambat. Inilah yang menjadi alasan Ricoh merupakan Kamera Pocket Street Fotografi.

Pengalaman Memotret

Pengalaman Memotret menggunakan kamera ini cukup menyenangkan berkat kepraktisan dan kompatibilitas yang di berikan. Ricoh GR IIIx bukan tipe sport fotografi, dengan lensa ekuivalen 28mm tidak memungkinkan di gunakan untuk fotografi sport. Terdapat pepatah dalam dunia fotografi yang mengatakan lensa panjang untuk estetika, sedangkan lensa wide angle untuk drama dan emosi.

Tentu lensa ini mampu melakukan potret, namun ada hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan potret menggunakan kamera ini. Sebab, subjek foto Anda akan mengalami efek distorsi pada area yang lebih dekat dengan lensa. Sebagai contoh, area wajah seperti hidung subjek akan terlihat lebih besar secara tidak proporsional. Anda harus lebih memerhatikan komposisi dengan cermat dan mengasah skill Anda lebih dalam jika menggunakan kamera ini untuk potret.

Dengan body yang kecil dan kompak, tentu akan mengorbankan beberapa hal seperti baterai. Di tambah kamera ini memiliki IBIS di dalamnya, membuat baterai DB – 110 ini memiliki daya yang kecil yaitu 1100 mAh. Pengguna kamera ini menyarankan agar menambah beberapa baterai baru yang banyak di jual oleh brand 3rd party. Dengan skenario penggunaan yang menyenangkan, satu baterai sangat tidak cukup untuk mengakomodir kegiatan memotret Anda.

Layar LCD pada kamera ini yang sudah mendukung touchscreen full navigasi dan kontrol fokus. Yang mana hal tersebut menjadi nilai plus setelah mengingat kamera ini tidak memiliki electronic viewfinder yang fixed atau pop up. Serta kamera ini tidak memilki flash yang menjadi sangat di sayangkan jika terdapat momen yang harus di jepret namun tidak ada flash yang tersedia.

Meskipun memiliki IBIS, namun stabililzer ini kurang dapat di andalkan ketika perekaman video. Serta resolusi tertinggi dari kamera ini hanya mampu merekam di fullHD 60 fps yang mana masih cukup untuk kebutuhan saat ini. Namun mengingat terdapat IBIS di dalam body dan tidak dapat maksimal di gunakan sangat sayang di rasakan.

Jadi, Kamera Ini Di Peruntukkan Kepada Siapa

Kamera ini akan selalu masuk kedalam kategori niche. Yang mana orang tau kamera ini dengan beberapa kekurangannya yang tidak dapat mengganti lensa, EVF, hingga layar yang fixed namun tetap membeli dan menggunakannya. Beberapa pengguna juga mengatakan bahwa kamera ini sangat bisa di andalkan untuk point and shoot. Dan mereka tidak merasa keberatan jika harus menyimpan kamera ini ke dalam saku celana mereka.

Jadi, Kamera Ini Di Peruntukkan Kepada Siapa. Yang mana sesuai dengan sejarah dan warisan yang di tinggalkan oleh pendahulu Ricoh GR IIIx ini. Kamera ini pada dasarnya di pasarkan untuk fotografi jalanan. Sebab, kamera ini dapat menghasilkan potret lingkungan yang indah dengan image profil yang tersedia. Jika Anda tipe fotografi yang memiliki nilai filosifi dalam setiap jepretannya, kamera ini mampu mengakomodir Anda dalam memberikan hasil yang memiliki cerita di dalamnya. Seperti halnya definisi fotografi, yang mana fotografi adalah seni melukis dengan cahaya dan semua itu di hasilkan oleh Kamera Pocket.

Back To Top
Exit mobile version