Kain Baju Adat Tradisional Yang Menawan Di Tanah Air

Kain Baju Adat Tradisional
Kain Baju Adat Tradisional Yang Menawan Di Tanah Air

Kain Baju Adat Tradisional Yang Menawan Di Tanah Air Yang Sangat Wajib Kamu Ketahui Dengan Keindahan Motifnya. Halo sobat VivaNews 24 setia pembaca artikel dari kami. Kali ini ada informasi yang sangat menarik nih untuk para pembaca setia. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Indonesia punya banyak sekali keragaman dan keunikan. Mulai dari keunikan adatnya, makanan khasnya dan juga pakaian yang di hadirkan. Hal tersebut mencakup sandang, pangan dan juga pakan. Nah kira-kira sobat VivaNews 24 tahu tidak bahwasanya bangsa kita ini punya taste yang sangat mahal. Apalagi kalau kita membicarakan tentang Kain Baju Adat tradisional yang sangat beragam sekali. Yups sobat kita akan membahas tentang apa aja sih setelan adat yang ada di negara kita ini. Dan untuk menghilangkan rasa penasaran sobat yang mengetahui tentang banyak hal soal ini. Tidak perlu khawatir nantinya kita akan berikan informasi selengkapnya pada artikel kita ini.

Hal terkait Kain Baju Adat sudah di ulas sebelumnya di BPGuide yaitu:

Songket Lombok

Pulau Lombok terkenal dengan setelan kain tenun. Dan terdapat sisi historisnya dari kehidupan masyarakat asli suku Sasaki dari Lombok. Ada 2 tipe tenun di Lombok di antaranya adalah tenun lagu khas Lombok Barat dan Lombok. Kemudian juga lombok Tengah tenun ikat dari Lombok Timur. Tidak sama dengan kain tradisional lainnya, songket Lombok tidak memakai material gold maupun perak. Tetapi melainkan material katun warna-warni.

Penggunaan ornamennya juga lebih padat, penuh dan tidak memiliki motif timpani. Kerap sering di jumpai pada lagu-lagu Melayu seperti “kepala kain”. Setelan tradisional lombok masih umum di gunakan dalam upacara adat contohnya puput maupun peraq api pada upacara tali pusar bayi. Dan juga biasa di kenakan untuk berkuri atau mencukur rambut pada bayi. Kemudian juga bisa di kenakapan pada event pemberian kain dari keluarga mempelai laki-laki tentunya.

Lanjutan Kain Baju Adat Tradisional Yang Menawan Di Tanah Air

Tidak hanya itu saja yang patut kamu ketahui tentang baju adat kita. Dan simaklah Lanjutan Kain Baju Adat Tradisional Yang Menawan Di Tanah Air. Guna menambah informasi kamu tentunya!

Sarung Bugis

Berganti ke Sulawesi Selatan, ada baju khas yang di ketahui dengan nama “Lipa”. Ataupun kalo di bahasa Indonesia kenal tentang Sarung. Lipa adalah sisi dari pola kotak-kotak aktivitas masyarakat Makassar-Bugis-Toraja-Mandar. Item satu ini kerap di gunakan untuk berdoa, tidur maupun bekerja. Terkadang lipa ini dapat di gunakan sebagai oleh-oleh ataupun sebuah kenang-kenangan buat sebagian orang.

Terlebih lipa dari suku Bugis biasa di kenal dengan Sarung Sutra Bugis. Alat tenun di gunakan dalam proses produksi. Anda dapat menegoknya tepat di Museum Balla Lompoa. Seperti yang sudah di ketahui dengan nama Istana Raja di Makassar.

Terlebih harga dari lipa satu ini begitu bervariasi. Itu tergantung pada kualitas sutra serta metode produksinya. Dahulu item satu ini hanya di kenakan oleh wanita Bugis yang masih single. Maka sangat mudah untuk mengetahui perempuan yang belum menikah. Terlebih mengetahui mereka yang sudah mempunyai suami. Terlebih dengan kecanggihan zaman item ini sudah tersedia di Bukalapak. Biasanya harga satu item ini menawarkan harga yang beragam. Biasanya di jual mulai dari 850 ribuan saja.

Jika kamu yang tertarik meski bukan orang suku Bugis asli. Tentu tetap bisa mengenakan sarung ini. Apalagi sangat cocok untuk kamu kenakan saat shalat. Atau hadir ke acara keagamaan tentu sangat membuat penampilanmu lebih elegan. Seiring perkembangan zaman juga kamu tidak harus ke Makassar untuk membelinya. Beberapa online store sudah menjual item satu ini di kisaran mulai harga di atas 700 ribuan. Karena kain satu ini merupakan khas jadi cukup mahal bisa ingin membelinya. Menarik bukan untuk kamu yang memang gemar sekali dengan hal-hal yang tradisional.

Masih Lanjutan Pakaian Adat Khas Tanah Air Yang Menawan

Tentu tidak hanya itu saja yang patut sobat ketahui. Dan simaklah kembali Masih Lanjutan Pakaian Adat Khas Tanah Air Yang Menawan. Jadi informasi sobat nantinya semakin luas dan selanjutnya yaitu:

Sasirangan

Sasirangan di ketahui sebagai kain tradisional suku Banjar Kalimantan Selatan. Desain kain ini terdiri dari jilidan serta simpul yang cantik. Hadir dari bermacam mata pelajaran pilihan seperti Kambang Tampuk Manggis, Ombak Sinapur Karang, Kambang Raja, Kulit Kayu, dan Iris Pudak. Dan masih banyak lainnya karena sangat banyak sekali. Khalayak juga percaya bahwa kain satu ini memiliki kekuatan penyembuhan yang magis. Terutama guna menghempas roh jahat maupun melindungi tubuh. Pada awal kehadirannya, kain satu ini di gunakan untuk laung atau ikat kepala.

Dan juga dapat di gunakan untuk ikat pinggang serta tapih bumin (sarung) bagi laki-laki. Terlebihnya lagi sebagai selendang, adat (kemben) serta kekambani atau kerudung bagi perempuan. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat jelata atau kalangan bangsawan menggunakan kain ini. Guna di kenakan untuk setelan adat saat menghadiri acara adat.

Namun adat istiadat tersebut memperlambat nilai kesakralan kain Sasirangan. Bahkan kini lebih banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Padahal jika melihat historisnya, kain Sasirangan dapat di jadikan alat. Guna melihat perbedaan nilai-nilai khalayak setempat. Contohnya nilai-nilai budaya, kepercayaan, serta ekonomi. Item satu ini bisa anda dapatkan pada Bukalapak.com. Rentang harga yang di jua juga berbeda-beda sesuai mulai 70 ribuan.

Dengan motif yang memang khas item satu ini jika kamu menyukainya. Dapat kamu jadikan koleksi untuk anda yang gemar sekali mengoleksi kain tradisional. Mulai dari harga 70 ribuan tentu harga begitu terjangkau untuk kamu dapatkan. Kamu yang kerap mengoleksinya tentunya item satu ini bisa di checkout. Karena kini sudah banyak tersedia di beberapa online store. Jadi sobat tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kalimantan Selatan nantinya.

Bahasan Terakhir Pakaian Adat Khas Tanah Air Yang Menawan

Dan kita masuk pada Bahasan Terakhir Pakaian Adat Khas Tanah Air Yang Menawan. Jadi kamu akan tahu apa aja nih yang kain khas Indonesia. Karena ini adalah pengetahuan yang umum harus banyak di ketahui.

Ulos

Selain sasirangan, Anda juga bisa belajar tentang kanga (atau kain) yang asalnya dari suku Batak Sumatera Utara. Kain ini di rancang dengan alat tenun, sama seperti membuat songket biasanya. Warna dominannya yaitu gelap, merah serta white seperti hiasan. Dengan menggunakan teknik di tenun memakai benang gold maupun silver. Awalnya, Ulos di gunakan untuk sarung maupun selendang untuk acara formal. Maupun hadir dalam acara upacara adat Batak.

Yups kita dapat menemukannya pada pakaian, alas meja dan dompet. Serta terdapat juga tas, ikat pinggang, bantal, dasi serta gorden. Laki-laki juga biasanya di kasih dari ibu yang sedang hamil. Guna untuk harapan agar bayinya mudah lahir. Dan juga ibunya akan dapat jauh dari bahaya saat melahirkan.

Dan itulah yang menjadi daftar dari ciri khas Tanah Air untuk Kain Baju Adat.

 

Back To Top
Exit mobile version