David Moyes Meninggalkan West Ham Setelah 6 Bulan Bertugas

David Moyes Meninggalkan West Ham Setelah 6 Bulan Bertugas
David Moyes Meninggalkan West Ham Setelah 6 Bulan Bertugas

David Moyes Meninggalkan West Ham Setelah 6 Bulan Bertugas Dan Telah Mencapai Target Mempertahankan West Ham United Di Liga Premier. Sebelumnya, David Moyes tetap aman dalam pekerjaannya meskipun West Ham kalah 5-0 di Fulham pada hari Minggu. Klub tidak terburu-buru melakukan perubahan manajerial dan yakin Moyes dapat memberikan inspirasi bagi kemajuan tim saat memasuki periode penting musim ini. Ada sedikit kepercayaan bahwa David Moyes akan tetap menduduki jabatannya pada awal musim depan. Kesepakatan pemain Skotlandia itu akan berakhir pada musim panas mendatang dan hanya akhir musim ini yang kuat yang akan meyakinkan West Ham untuk menawarinya kontrak baru. 

David William Moyes adalah manajer sepak bola dari Skotlandia dan mantan pemain profesional yang merupakan manajer klub Liga Premier West Ham United. Moyes di tunjuk sebagai manajer West Ham United pada 7 November 2017, dengan tim tersebut berada di zona degradasi. Moyes menandai pertandingan pertamanya sebagai pelatih West Ham. Kemudian, pertandingan Liga Premiernya yang ke-500, dengan kekalahan tandang 2-0 dari Watford pada 19 November. Kontrak enam bulannya dengan West Ham berakhir pada 13 Mei 2018 dan dia meninggalkan klub tak lama setelahnya.

Pada tanggal 29 Desember 2019, David kembali ke posisi pekerjaanya sebagai manajer di West Ham United dengan menandatangani kontrak berdurasi 18 bulan. Ia menggantikan Manuel Pellegrini, yang meninggalkan mereka di urutan ke-17 dalam tabel Liga Premier, satu poin di atas zona degradasi. Pada musim 2020–21, Moyes membimbing West Ham mencetak rekor total poin Liga Premier sebanyak 65 poin, finis di posisi keenam dan lolos ke Liga Eropa UEFA 2021–22. Moyes memimpin klub meraih kemenangan di Final Liga Konferensi Eropa UEFA 2023, dengan West Ham tidak terkalahkan sepanjang turnamen, memenangkan 12 pertandingan dan seri satu kali.

David Moyes Meninggalkan West Ham

Pengumuman David Moyes Meninggalkan West Ham tiba hanya 12 jam setelah David Gold, salah satu pemilik West Ham, mengatakan dia berharap mantan bos Manchester United dan Everton berusia 55 tahun, Moyes, akan tetap bertanggung jawab untuk musim depan. Ketua Gabungan David Sullivan mengatakan: “Saya ingin menyampaikan terima kasih tulus saya kepada David Moyes dan stafnya karena telah mencapai target mempertahankan West Ham United di Liga Premier. “Sepanjang waktunya di sini, David telah membawa dirinya dengan bermartabat dan jujur ​​dan kami semua menganggapnya menyenangkan untuk di ajak bekerja sama. Dia, Alan, Stuart dan Billy menerima tantangan itu dan menyerangnya secara langsung, membalikkan situasi yang sulit. Maka dari itu, mereka pantas mendapatkan rasa hormat yang besar atas pekerjaan yang telah mereka lakukan. Kemudian, mereka juga meninggalkan klub dengan harapan terbaik kami.

“Ketika David dan timnya tiba, kedua belah pihak berharap agar fokusnya hanya pada enam bulan hingga akhir musim, dan pada saat itulah keputusan akan diambil terkait masa depan. Setelah mempertimbangkan situasi dan merenungkan bahwa kampanye telah selesai. Kami merasa bahwa langkah yang tepat adalah mengambil arah yang berbeda. “Kami sudah mengambil langkah untuk mengidentifikasi dan merekrut manajer yang kami yakini dapat membawa West Ham United maju sejalan dengan ambisi kami. “Kemudian, kami bertujuan untuk menunjuk sosok berkaliber tinggi yang kami rasa akan memimpin klub menuju masa depan yang cerah bagi pendukung setia kami dalam 10 hari ke depan.”

Para penggemar memahami bahwa bos Newcastle Rafael Benitez dan mantan manajer Manchester City Manuel Pellegrini masuk dalam daftar untuk menggantikan Moyes. Dapat di pahami juga bahwa antara 30 dan 40 manajer telah menyatakan minatnya terhadap pekerjaan tersebut. Moyes di tunjuk sebagai penerus Slaven Bilic pada November tahun lalu ketika klub tersebut berada di zona degradasi. 

Karir Moyes

Lahir di Glasgow, Moyes memulai karirnya di klub Islandia ÍBV, bermain setengah musim dengan tim junior pada tahun 1978. Moyes menikmati karier yang mencakup bermain di sejumlah klub, biasanya sebagai bek tengah. Awal mula di Celtic, di mana ia memenangkan medali kejuaraan dan membuat 24 penampilan liga. Kemudian, dia berakhir dengan Preston North End. Sebagai pemain Cambridge United, Moyes menerima pembulyan dari rekan bermainnya. Roy McDonough membuly keyakinan agama yang di anutnya; Moyes adalah seorang Kristen yang taat. McDonough berpikir bahwa agama mengalihkan fokus mereka dari bermain. 

Setelah bermain imbang 3-3 dengan Wigan Athletic pada tanggal 9 Maret 1985. Saat bermain untuk Shrewsbury Town pada tahun 1987. Kemudian, Moyes mulai melatih di sekolah swasta terdekat, Concord College, atas rekomendasi Jake King sebagai cara untuk menambah gajinya. Kemudian, Moyes membuat lebih dari seratus penampilan untuk Dunfermline Athletic. Antara tahun 1990 dan 1993, termasuk penampilan awal di Final Piala Liga Skotlandia 1991. Moyes membuat lebih dari 530 penampilan liga dalam karirnya sebelum menjadi pelatih di Preston. Hingga ia menjadi asisten manajer sebelum akhirnya mengambil alih sebagai manajer pada tahun 1998. Ia menjadi kapten Skotlandia di level kelompok usia di bawah 18 tahun. Moyes bermain di bawah mantan Direktur Teknis UEFA Andy Roxburgh pada tahun 1980.

Karir Manajerial Moyes

Berikut adalah daftar Karir Manajerial Moyes selama hidupnya:

  • Preston

Moyes mengambil alih jabatan manajer Preston North End pada Januari 1998, menggantikan Gary Peters saat klub berjuang di Divisi Dua dan berada dalam bahaya degradasi. Dia telah menghabiskan sebagian besar karir bermainnya untuk mempersiapkan diri menjadi manajer, mengambil lencana kepelatihan pada usia 22 tahun dan menyusun catatan tentang manajer yang pernah dia tangani, teknik dan taktik mereka. 

  • Everton

Moyes bergabung dengan Everton pada 14 Maret 2002. Kemudian, pada konferensi pers pembukaannya, menyatakan bahwa Everton adalah ‘Klub Rakyat’ di Merseyside. Pertandingan pertamanya sebagai pelatih terjadi dua hari kemudian. Ia melawan Fulham di Goodison Park Everton memenangkan pertandingan 2-1, dengan David Unsworth mencetak gol setelah hanya 30 detik.

  • Manchester United

Moyes menandatangani kontrak enam tahun dengan Manchester United, dan secara resmi mengambil posisi manajerialnya pada tanggal 1 Juli 2013. Moyes telah dipilih sendiri sebagai manajer oleh Sir Alex Ferguson. Namun, setelah pengangkatannya sebuah spanduk bertuliskan “Yang Terpilih” di pajang di Old Trafford. Pada 11 Agustus 2013. Ia memenangkan satu-satunya trofi bersama Manchester United dalam pertandingan pertamanya pertandingan resmi, kemenangan 2-0 atas Wigan Athletic di FA Community Shield.

  • Real Sociedad

Pada 10 November 2014, David di tunjuk sebagai manajer pelatih baru klub La Liga Real Sociedad. David menandatangani kontrak 18 bulan setelah Jagoba Arrasate di pecat. Karena membuat tim tersebut berada di urutan ke-15 dalam tabel. Debut manajerialnya adalah pertandingan liga tandang melawan Deportivo La Coruña pada 22 November, yang berakhir imbang tanpa gol.

  • Sunderland

Pada tanggal 23 Juli 2016, Moyes di tunjuk menggantikan Sam Allardyce menjadi manajer klub Sunderland. Kemudian, kembali ke Liga Premier untuk yang pertama kalinya semenjak dia di pecat sebagai manajer United pada bulan April 2014 sebagai manajer David Moyes.

Back To Top
Exit mobile version