Bela Diri Dan Manfaatnya Untuk Wanita

Bela Diri Dan Manfaatnya Untuk Wanita

Bela Diri Dan Manfaatnya Untuk Wanita Yang Bisa Di Pelajari Dan Di Tekuni Sebagai Pertahanan Diri Terhadap Kejahatan. Bela Diri adalah sebuah seni dalam olahraga yang timbul sebagai salah satu cara agar seseorang bisa melindungi atau membela diri, dengan mengutamakan kekuatan dan ketahanan fisik. Seni beladiri sudah lama ada dan berkembang dari masa ke masa. Dan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia. Selain sebagai suatu pertahanan diri, beladiri juga di terapkan sebagai olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan menguasai olahraga beladiri akan membuat kita siap secaran fisik dan mental bila di hadapkan dengan suatu kejadian yang mengancam nyawa kita. Belajar beladiri dapat membantu wanita mengatasi rasa takutnya dan meraih tujuan mereka dengan lebih baik.

Di jaman yang semakin tidak aman ini, mengharuskan kita terutama wanita harus bisa menjaga diri sendiri. Mempelajari beladiri itu sangat penting bagi semua orang termasuk wanita. Beladiri tidak hanya erat kaitannya dengan pria sebagai perwujudan tolak ukur kekuatan saja. Tetapi wanita juga harus bisa menguasai beladiri, karena dengan beladiri wanita dapat melindungi dirinya sendiri. Dengan mempelajari beladiri dapat memberikan kesempatan bagi wanita untuk membangun solidaritas di sebuah komunitas. Kemudian wanita akan mendapat banyak dukungan dari banyak pihak dan juga sesama anggota komunitas. Mempelajari beladiri memberikan wanita kendali atas diri mereka dan kehidupannya. Membuat mereka merasa lebih kuat, mandiri dan berani dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tentu hal ini bisa menjadi acuan untuk para wanita mempelajari bela diri, karena selain belajar bela diri, kamu juga bisa menorehkan prestasi dengan mengikuti kompetisi.

Manfaat Bela Diri Untuk Wanita

Manfaat Bela Diri Untuk Wanita itu sangat banyak, itulah alasan mengapa mempelajari beladiri bagi wanita itu sangat penting, antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Perlindungan Diri: Keterampilan fisik untuk dapat melindungi diri sendiri dan bahkan orang lain dari situasi atau ancaman berbahaya. Hal ini lah yang mengharuskan wanita untuk mempelajari beladiri agar bisa terlindungi dari situasi yang tidak aman.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri: Ketika wanita merasa mampu melindungi diri sendiri, wanita akan memiliki pandangan yang positif terhadap kemampuannya. Kemudian wanita akan lebih rileks bila berpergian kemana saja, karena wanita mampu untuk melindungi dirinya.

3. Stereotip Gender: Mempelajari beladiri dapat meruntuhkan stereotip gender yang mengatakan bahwa wanita adalah mahkluk yang lemah. Hal ini membantu meningkatkan pandangan yang lebih positif tentang kemampuan wanita dalam berbagai banyak bidang.

4. Menghadapi Situasi Berbahaya: Wanita yang mampu menekuni beladiri akan mampu membaca situasi dan kondisi di lingkungan sekitar. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan wanita akan tahu bagaimana merespon dengan bijak.

5. Kesehatan Fisik: Bela diri termasuk dalam cabang olahraga. Maka dari itu mempelajari beladiri sama halnya dengan meningkatkan kebugaran, kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh. Hal ini juga bisa kamu jadikan sebagai cara untuk menurunkan dan menaikkan berat badan.

6. Dapat Mengelola Stres: Beladiri adalah olahraga di mana kita bisa melampiaskan emosi yang tertahan namun tetap aman. Hal ini membantu kita untuk mengelola stres dan melampiaskannya dengan latihan fisik dan mental agar bisa melepas emosi yang tertahan.

7. Meningkatkan Keterampilan Psikologis: Ada beberapa jenis beladiri yang mengajarkan bagaimana mengendalikan emosi, konsentrasi, dan pengaturan pikiran.

8. Konsentrasi: Dengan mempelajari beladiri, wanita dapat meningkatkan konsentrasinya. Mengatur fokus dan latihan dengan teratur, dan kesabaran yang dapat di terapkan dalam aspek lain di kehidupan.

Jenis-jenis Olahraga Beladiri Yang Umum Untuk Wanita

Ada banyak Jenis-jenis Olahraga Beladiri Yang Umum Untuk Wanita dan bisa kamu pelajari, cobalah untuk mencari komunitas beladiri yang dekat dengan tempat tinggalmu. Hal ini berguna untuk mengefesiensikan waktu yang kamu miliki dan juga membangun sosial dengan masyarakat sekitar. Olahraga beladiri yang mudah di temui dan yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Pencak Silat

Pencak silat atau silat yang berasal dari Kepulauan Melayu adalah seni beladiri tradisional yang sudah lama ada di Indonesia. Teknik dasar silat meliputi sikap kuda-kuda, sikap pasang, pola langkah, tendangan, pukulan, kuncian, tangkisan, guntingan dan sikap berbaring. Banyak wanita yang menekuni pencak silat juga mengikuti banyak turnamen-turnamen nasional maupun internasional. Safira Dwi Meilani atlit silat wanita yang berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah mengalahkan atlit silat asal Vietnam Nguyen Thai Mai Lan di kompetisi South East Asia (SEA) Pencak Silat Championship di Singapura, Februari 2022 lalu. 

2. Karate

Karate yang berasal dari Negara Jepang adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang cukup populer di seluruh dunia dan cocok untuk kaum wanita. Tidak hanya mengajarkan soal tehknik-tehknik bela diri, tetapi karate juga mengajarkan untuk mengatur fokus pada akurasi kecepatan dan mendorong kekuatan fisik juga kekuatan spritual. Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung atlit karate yang berhasil mengukir sejarah sebagai atlit karate wanita pertama di Indonesia yang membawa pulang medali perunggu di kejuaraan dunia World Karate Championship di Budapest, Hungaria.

3. Taekwondo

Taekwondo adalah cabang olahraga bela diri yang berasal dari Korea dan cukup di minati di Indonesia. Seni bela diri ini mempunyai tehknik andalan berupa kuda-kuda. Jurus ini bisa di katakan memegang peran yang sangat penting, yaitu untuk membuat lawan atau musuh tidak fokus dan tidak mudah menebak serangan yang hendak di keluarkan. Defia Rosmaniar menjadi atlit taekwondo wanita Indonesia pertama yang meraih medali emas di Asian Games 2018. 

Beladiri Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Selain sebagai ilmu pertahanan diri, ada juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita terutama wanita, Beladiri Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Wanita yaitu:

1. Kick Boxing

Bela diri Kick Boxing adalah olahraga seni bela diri tujuannya melatih seluruh tubuh kita dan dapat di lakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Banyak manfaat dari kickboxing, salah satunya adalah melatih kekuatan otot dan meningkatkan kemampuan otak kamu. Berlatih kickboxing dengan rutin dapat membantu kita membentuk bagian otot perut, lengan, betis, dan paha agar menjadi lebih kencang. Kickboxing juga bisa meningkatkan refleks pada tubuh sehingga kamu mampu bergerak dengan sigap ketika ada seseorang yang menyerang secara tiba-tiba.

2. Muay Thai

Muay Thai adalah bela diri kuno Muay Boran yang berasal dari negara Thailand. Sekilas Muay Thai dan Kickboxing hampir mirip karena memiliki teknik pertarungan yang hampir sama. Olahraga bela diri muay thai memiliki efek positif dalam meningkatkan dan membangun kebugaran, kesehatan, dan stamina tubuh secara menyeluruh. Jika bela diri ini di lakukan secara rutin, maka tubuh kita pun akan terasa lebih stabil, konsentrasi menjadi meningkat, dan gerakan refleks serta elastisitas tangan, lutut, kaki dan siku terlatih lebih cepat, sehingga kamu tidak perlu merasa takut ataupun was-was ketika berpergian sendirian. Itulah manfaatnya wanita belajar Bela Diri.

Back To Top
Exit mobile version